Pixel Codejatimnow.com

Mas Dhito Siapkan Langkah Atasi Kenaikan Harga Bahan Pokok di Kediri

Editor : Rochman Arief  Reporter : Yanuar Dedy
Satgas Pangan Kabupaten Kediri melakukan pemantauan harga pasar. (Foto : Humas Pemkab Kediri for jatimnow.com)
Satgas Pangan Kabupaten Kediri melakukan pemantauan harga pasar. (Foto : Humas Pemkab Kediri for jatimnow.com)

jatimnow.com - Memasuki awal Ramadan ini, harga bahan pokok mulai menunjukkan geliat naik. Kenaikan harga kebutuhan pokok ini berpotensi mendorong inflasi jelang Lebaran mendatang.

Hal ini yang mendorong Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana untuk terus mengawasi pergerakan harga kebutuhan pokok. Melalui Tim Satgas Pangan Kabupaten Kediri, Mas Dhito, sapaan Hanindhito Himawan Pramana, telah menyiapkan langkah-langkah strategis untuk mengendalikan harga.

Tim yang berada di Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan (DKPP) Kabupaten Kediri itu seminggu belakangan intens terjun ke lapangan untuk mengecek langsung kondisi harga.

“Pergerakan (harga) harus kita amati terus, jangan sampai ada gejolak di masyarakat, kata Kepala DKPP, Tutik Purwaningsih," Sabtu (25/3/2023).

Lebih lanjut Tutik menjelaskan, dari pantauan yang dilakukannya, tak dipungkiri memang terjadi kenaikan harga untuk beberapa item bahan pokok.

Salah satu kenaikan menurut Tutik terjadi untuk telur ayam. Per 21 Maret 2023 sampai hari ini harganya sudah mencapai Rp30-31 ribu per kilogram. Jika dibanding awal Februari, telur mengalami kenaikan hingga Rp4 ribu per kilogram.

Baca juga:
Ruko 2 Lantai dan Pom Mini di Kediri Terbakar

Di samping itu, harga daging ayam ras juga terpantau naik hingga Rp5 ribu per kilogram dari sebelumnya Rp28 ribu.

Untuk mengendalikan harga tersebut, operasi pasar direncanakan akan dilakukan di minggu pertama Ramadan. Harapannya, beberapa bahan pokok yang mengalami kenaikan bisa stabil.

“Operasi pasar terus kita lakukan sesuai instruksi Mas Bup (Mas Dhito), sebulan terakhir kita sudah di 31 titik,” tambah perempuan yang juga menjabat sebagai Plt Kepala Dinas Perdagangan itu.

Baca juga:
Polisi Tetapkan Tersangka Penggelapan Uang Konser di Kediri, Modus Kontrak Palsu

Sejalan dengan apa yang dilakukan DKPP, Kepala Bagian Perekonomian dan Sumber Daya Alam, Dyah Saktiana juga merencanakan pasar murah.

Pasar murah ini rencananya akan diadakan di dua titik perbatasan Kabupaten Kediri menjelang Idul Fitri.

“Kita rencanakan menjelang Idul Fitri, ada di dua titik,” tutur Dyah.