Relokasi Tak Jelas, PKL Blitar Bakal Dirikan Kavling di Eks Lahan Kios

Editor: Arif Ardianto / Reporter: CF Glorian

Para pedagang Jalan Mastrip saat memasang spanduk di tempat eks kios mereka/Foto: Cf Glorian

 jatimnow.com - Relokasi pedagang di Jalan Mastrip, Kota Blitar, yang tak jelas membuat geram para pedagang. Padahal, mereka sudah digusur pada awal Januari 2017 lalu dan direncanakan akan direlokasi.

Akibat ketidakjelasan itu, para pedagang berencana mendirikan bangunan di lokasi yang dulu pernah mereka tempati atau eks lahan kios mereka. Bahkan, rencananya Kamis (16/08/2018) besok, bangunan kios itu akan mulai didirikan. 

Saat ini, para pedagang itu sudah terlihat memasang spanduk di tempat eks kios mereka Jalan Mastrip. Beberapa pedagang juga sudah mulai membuat skema lahan di badan jalan itu.

"Ini sebagai bentuk kekecewaan kami atas janji Pemerintah (Kota Blitar) yang tak kunjung merelokasi para pedagang. Padahal, tempatnya sudah ada tapi nggak segera dilakukan," kata Koordinator Paguyuban eks PKL Jalan Mastrip, Ady Santoso, Rabu (15/08/2018). 

Menurut Ady, Pemkot Blitar telah memberikan lahan relokasi yang ada di pinggir lapangan SMAN 1 Blitar di Jalan Kalimantan. Namun, janji relokasi tersebut tak kunjung dilakukan. 

Aksi yang dilakukan oleh para pedagang tersebut juga didasari hasil keputusan PTUN Surabaya yang memenangkan gugatan para pedagang.

Dalam keputusan itu, Hakim menilai Surat Keputusan penggusuran oleh Pemkot Blitar cacat hukum. Ini termasuk keputusan hakim di tingkat banding yang juga memenangkan para pedagang. 

"Kalau berdasarkan putusan hakim PTUN dan PTTUN tidak ada penggusuran kios PKL di Jalan Mastrip. Karena SK penggusuran dianggap cacat hukum," tandasnya. 

Sementara itu, hingga berita ini ditulis, belum ada pernyataan resmi dari Pemkot Blitar terkait aksi yang dilakukan oleh para pedagang. Plt. Kasatpol PP Juari sedang dinas luar kota dan belum bisa di wawancarai. 

Sebelumnya, Pemkot Blitar mengeluarkan surat perintah kepada Kepala Satpol PP Kota Blitar No 800/23/410.118.2/2017 tertanggal 13 Januari 2017 yang intinya menggusur 78 kios milik PKL di Jl Mastrip.

Sejumlah rekomendasi penundaan penggusuran dari DPRD Kota Blitar tidak digubris oleh pihak eksekutif. Kini, lokasi eks kios milik para pedagang itu digunakan untuk pelebaran Jalan Mastrip.

 

Reporter: Cf Glorian 

Editor: Arif Ardianto

Loading...

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter