jatimnow.com

Sambut Hari Kemerdekaan, Hotel Aston Buat Tumpeng Jadah Pecel Terbesar

Editor : Arif Ardianto Reporter : Mita Kusuma
Tumpeng jadah pecel kemerdekaan kreasi Hotel Aston Madiun 🔍
Tumpeng jadah pecel kemerdekaan kreasi Hotel Aston Madiun

jatimnow.com - Berbagai ungkapan ditunjukan baik oleh masyarakat maupun perusahaan dalam menyambut hari kemerdekaan RI ke 73 ini, tak terkecuali Aston Madiun Hotel yang membuat tumpeng jadah pecel terbesar.

Hotel bintang 4 ini membuat tumpeng Jadah Pecel, yang diklaim terbesar, tertinggi, terbanyak se Karesidenan Madiun.

Tumpeng Jadah tersebut mempunyai tinggi 1,7 meter dan dikelilingi 8 tumpeng kecil serta dibuat dengan total 45 bahan dan jenis lauk pauk.

"Angka-angka tersebut melambangkan angka kemerdekaan 17,8 dan 45," kata Agus Setyo Purnomo, General Manajer Aston Madiun Hotel, di lokasi, Rabu (15/8/2018).

Bahan dasar tumpeng ini terbuat dari 100 kg beras ketan yang dipadukan dengan aneka macam lauk serta dihias sedemikian rupa dengan mencerminkan semangat kemerdekaan.

"Cukup sampai 250 orang undangan," klaimnya.

Menurutnya, jadah Pecel ini wujud apresiasi dari Aston Madiun Hotel untuk melestarikan makanan tradisional. Setelah tahun 2017 lalu sukses dengan lemper raksasa.

Selain itu, adanya tumpeng Jadah Pecel merupakan pilihan setelah perdebatan panjang. Karena pada awalnya ingin dibuat tumpeng terpanjang.

"Tapi setelah berbagai perdebatan. Banyak kesulitan yang akan dihadapi jika tetap tumpeng terpanjang. Akhirnya dipilih tumpeng Jadah Pecel," ujarnya.

Sementara, salah satu undangan, Dewi Ayu, mengapresiasi adanya tumpeng Jadah Pecel.

"Madiun kan terkenal dengan pecel dan jadahnya. Ya ini kalau dijadikan satu enak juga," pungkasnya.

Reporter: Mita Kusuma
Editor: Arif Ardianto




Loading...