Pixel Codejatimnow.com

Pasar Gondanglegi Pasuruan Terbakar Dini Hari Tadi

Editor : Zaki Zubaidi  Reporter : Moch Rois
Petugas sedang berusaha memadamkan api. (Foto: Mochamad Rois/jatimnow.com)
Petugas sedang berusaha memadamkan api. (Foto: Mochamad Rois/jatimnow.com)

jatimnow.com - Deretan kios dan lapak Pasar Gondanglegi, Kabupaten Pasuruan ludes terbakar. Pasar yang berlokasikan di Desa Cangkringmalang, Kecamatan Beji itu terbakar sekitar pukul 01.00 WIB, Kamis (30/3/2023).

Seorang saksi yang bernama Samsu Nur Huda mengatakan, sebelum kebakaran hebat terjadi sempat terlihat kobaran api di salah satu bedak di tengah pasar.

"Seperti korsleting listrik," ucapnya.

Masyarakat pun langsung gerak cepat memadamkan api itu dengan alat manual seadanya, seperti menyiramkan air dengan alat ember. Namun upaya itu tidak berhasil. Bannyaknya bedak yang memakai material mudah terbakar membuat api dengan cepat menjalar dan membumbung tinggi

Tidak lama berselang sekitar pukul 01.50 WIB, dua armada mobil petugas pemadam kebakaran datang dan langsung berjibaku memadamkan api.

Memasuki pukul 02.45 WIB, api yang membakar pasar desa itu berhasil dipadamkan oleh petugas. Meskipun begitu, para petugas damkar tetap melakukan pembasahan untuk mengantisipasi api berkobar kembali.

Baca juga:
2 Kebakaran karena Elpiji Bocor di Kota Malang, 7 Korban Luka

"Bagian pasar yang terbakar antara lain lapak sayur, ayam, daging, makanan ringan, sembako dan plastik," terang Eni salah satu pemilik kios di Pasar Gondanglegi.

Di satu sisi, para pedagang lain yang tidak bisa menyelamatkan barang dagangannya pun hanya bisa pasrah.

"Apinya besar dan cepat menjalar, tidak sempat mau menyelamatkan," ucap salah seorang pedagang lain yang pasrah.

Baca juga:
Gudang Tembakau di Pamekasan Terbakar, Rugi Miliaran Rupiah

Sementara itu, hingga sampai berita ini ditulis belum ada keterangan resmi dari polisi tentang berapa jumlah kios dan lapak yang terbakar, berapa kerugian materilnya serta faktor apa yang memicu terjadinya kebakaran.