Pixel Code jatimnow.com

Tim Gabungan Jombang Siagakan Petugas di Perlintasan KA Tak Berpalang Pintu

Editor : Rochman Arief   Reporter : Elok Aprianto
Tim gabungan saat melakukan pengecekan jalur mudik Lebaran 1444 H. (Elok Aprianto/jatimnow.com)
Tim gabungan saat melakukan pengecekan jalur mudik Lebaran 1444 H. (Elok Aprianto/jatimnow.com)

jatimnow.com - Rangkaian persiapan mudik Lebaran benar-benar diantisipasi Pemerintah Kabupaten Jombang. Salah satunya melakukan pengecekan jalur mudik, hingga kelayakan angkutan umum selama bulan Ramadan ini.

Kali ini tim gabungan yang terdiri atas Dinas Perhubungan Jombang, Dinas Lingkungan Hidup Jombang, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Jombang, Satpol PP Jombang, dan Satlantas Polres Jombang melakukan pengecekan pada jalur yang dilintasi kereta api.

Dari hasil pemeriksaan tersebut, tim gabungan akan menempatkan petugas di enam jalur perlintasan KA yang tidak memiliki palang pintu.

"Hasil pengecekan hari ini, kami menemukan enam perlintasan KA yang tidak berpalang pintu," kata Kepala Dishub Jombang, Budi Winarno, Rabu (12/4/2023).

Ia mengatakan perlintasan KA yang tidak berpalang pintu, tidak akan dilakukan penutupan selama arus mudik lebaran berlangsung. Pihaknya akan menerjunkan petugas untuk menjaga keselamatan transportasi.

Baca juga:
Libur Sekolah, KAI Daop 9 Jember Operasikan Kereta Api Mutiara Timur

Petugas gabungan melakukan pemeriksaan terhadap enam titik perlintasan KA tanpa palang pintu. (foto: Elok APrianto/jatimnow.com)Petugas gabungan melakukan pemeriksaan terhadap enam titik perlintasan KA tanpa palang pintu. (foto: Elok APrianto/jatimnow.com)

Penempatan petugas jaga di perlintasan KA tidak berpalang pintu ini juga melibatkan pemerintah desa setempat.

"Penempatan petugas akan dibantu pihak desa. Dan nanti akan kita bikin WA group ya, untuk memudahkan koordinasi. Serta melaporkan atau mengupdate situasi, karena selama ini sudah banyak dijaga oleh relawan," paparnya.

Baca juga:
PT KAI Daop 7 Madiun Sediakan 11.510 Tempat Duduk untuk Libur Panjang Idul Adha

Sementara itu, Kasat Lantas Polres Jombang, AKP Rudi Purwanto mengatakan untuk perlintasan KA sebidang, yang tidak berpalang pintu diwajibkan dijaga, petugas di lapangan.

"Kita sudah koordinasi dengan pak Kadishub, dengan kepala Stasiun, serta pihak PT Kereta Api Indonesia. Dalam waktu dua hari ke depan, nama-nama petugas jaga dan nomor WA-nya sudah ada. Harapannya enam perlintasan KA yang tidak berpalang pintu kami harapkan tetap aman," terangnya.

SPTP: Arus Peti Kemas Semester 1 Tahun 2024 Tumbuh 6 Persen
Ekonomi

SPTP: Arus Peti Kemas Semester 1 Tahun 2024 Tumbuh 6 Persen

"Peti kemas internasional tumbuh sekitar 5,76 persen jika dibandingkan dengan semester 1 tahun 2023 dan peti kemas domestik tumbuh sekitar 6 persen jika dibandingkan dengan periode tahun sebelumnya,” jelas Widyaswendra.