jatimnow.com

Warga Keturunan Tionghoa Semarakkan Kemerdekaan di Pasar Atom

Editor : Narendra Bakrie Reporter : Erwin Yohanes
Proses upacara dan perayaan HUT RI ke 73 di Pasar Atom Mal Surabaya. 🔍
Proses upacara dan perayaan HUT RI ke 73 di Pasar Atom Mal Surabaya.

jatimnow.com - Ada pemandangan berbeda di halaman Pasar Atom Mal Surabaya, Jumat (17/8/2018). Ribuan warga Tionghoa yang datang ke sana tepatnya berjumlah 2.500 orang berkumpul di tempat tersebut.

"Mereka (warga keturunan Tionghoa) datang ke sini untuk mengikuti Upacara HUT Kemerdekaan ke 73 RI yang kami adakan," sebut Mayjend TNI Marinir (Pur) Halim A Hermanto, Direktur Utama PT. Prosam Plano pengelola Pasar Atom usai menjadi inspektur upacara.

Upacara HUT Kemerdekaan itu sendiri juga dihadiri oleh sejumlah perwira dari TNI maupun Polri. Bahkan, Pasar Atom mendatangkan 36 pejuang veteran, salah satunya, Djoni Liem, pejuang veteran dari Taifif Marinir TNI AL yang terkenal dengan semburan mulut berbisa.

Loading...

Selain melaksanakan upacara, sederetan acara juga digelar untuk menyemarakkan Hari Kemerdekaan RI tahun ini.

"Ini merupakan agenda rutin kami setiap tanggal 17 Agustus. Selain upacara, kami juga menampilkan budaya-budaya lokal yang ada di Surabaya," ungkap Halim.

Terkait keberadaan mayoritas peserta upacara dari warga keturunan Tionghoa, Halim menyatakan jika di Pasar Atom, para pedagangnya mayoritas warga Keturunan Tionghoa yang sudah hidup dan menetap di Surabaya.

Selain itu, bertemunya beberapa warga dari berbagai suku di Pasar Atom, sebagai bentuk kerukunan yang ada di Surabaya.

Dari pantauan jatimnow.com, kesenian dan budaya lokal yang ditampilkan di sana antara lain bela diri Tai Chi, Reog Ponorogo serta paduan suara dari siswa-siswi Sekolah 3 Bahasa Xin Zhong, Surabaya.

"Kami juga datangkan pelawak untuk membantu memandu jalannya acara, agar suasana lebih meriah," sambung Halim.

Selain itu, pihak Pasar Atom juga memberikan santunan kepada sejumlah tukang becak binaan, masyarakat kurang mampu, dan PKL. Dalam acara ini, Pasar Atom juga memberikan penghargaan kepada pejuang veteran yang datang.

"Semoga pada 17 Agustus tahun depan (2019), kami bisa mengemas acara ini lebih baik dan meriah lagi," pungkas Halim.

Reporter: Narendra Bakrie
Editor: Erwin Yohanes