Pixel Codejatimnow.com

Mengintip Kesiapan Jalur Keluar-Masuk Kota Batu Sambut Pemudik dan Wisatawan

Editor : Narendra Bakrie  Reporter : Achmad Titan
Pengecekan jalan untuk kenyamanan pemudik dan wisatawan di Kota Batu (Foto: Galih Rakasiwi/jatimnow.com)
Pengecekan jalan untuk kenyamanan pemudik dan wisatawan di Kota Batu (Foto: Galih Rakasiwi/jatimnow.com)

jatimnow.com - Jalur keluar masuk Kota Batu terus dimaksimalkan kesiapannya demi keamanan dan kenyamanan para pemudik Lebaran 2023 maupun wisatawan.

Pemerintah Kota (Pemkot) Batu melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Batu kini melakukan optimalisasi sejumlah jalur-jalur alternatif, hingga menyentuh 95 persen.

"Tapi tersisa sejumlah lubang baru yang tersebar di sejumlah titik ruas jalan. Untuk menutup itu, kami melaksanakan Operasi Ketupat yang memiliki kepanjangan Kegiatan Tutup Lubang Jalan dengan Cepat," ungkap Kepala DPUPR Kota Batu, Alfi Nurhidayat, Minggu (16/4/2023).

Menurut Alfi, monitoring di ruas-ruas jalan alternatif juga terus dilakukan. Total ada 9 ruas yang dipantau. Hal ini sebagai wujud kesiapan dan meminimalisir kemacetan, sebab ada prediksi 1 juta wisatawan akan melintas dan menghabiskan waktu di Kota Batu selama periode libur lebaran 2023 nanti.

Baca juga:
Pelindo Regional 3 Sukses Layani 620 Ribu Pemudik Pada Arus Mudik Lebaran 2023

"Makanya kesiapan ini cukup penting demi kenyamanan mereka. Nah target kami sebelum lebaran seluruh ruas jalan di Kota Batu nyaman, aman, dan tak berlubang," tegasnya.

Alfi mencontohkan kesiapan yang sudah dilakukan seperti jalur Simpang Pendem, jalur via Karangploso, jalur via Payung dan Klemuk hingga jalur via Simpang Lima Junrejo.

Baca juga:
Rumah di Tulungagung Disatroni Pencuri saat Ditinggal Berlebaran, Ternyata Pelakunya...

"Harapan kami dengan jalan yang baik tidak hanya kenyamanan tapi bisa memperlancar produktivitas masyarakat dan memacu perekonomian," tukasnya.