Pixel Codejatimnow.com

Polres Bantu Warga Jombang Balik Mudik Gratis, Ini Alasannya

Editor : Zaki Zubaidi  Reporter : Elok Aprianto
Kapolres Jombang AKBP Moh Nurhidayat saat memberangkatkan warga Jombang yang balik gratis. (Foto: Elok Aprianto/jatimnow.com)
Kapolres Jombang AKBP Moh Nurhidayat saat memberangkatkan warga Jombang yang balik gratis. (Foto: Elok Aprianto/jatimnow.com)

jatimnow.com - Puluhan warga Kabupaten Jombang yang balik ke tempat kerja, diberangkatkan Polres Jombang menuju ke berbagai daerah tujuan. Mereka diberangkatkan menggunakan dua bus dari Polres Jombang, menuju beberapa tempat, mulai dari Surabaya hingga Jakarta.

Kapolres Jombang AKBP Moh Nurhidayat menjelaskan, menindaklanjuti perintah dari Kapolri dan Kapolda Jatim, Polres Jombang memberangkatkan 60 warga Jombang kembali ke beberapa tempat, setelah melakukan mudik Lebaran.

"Polres Jombang Polda Jatim meneruskan perintah dari Bapak Kapolri, bahwa kegiatan mudik dan juga arus balik, diperintahkan pada jajaran Polres khususnya untuk memudahkan masyarakat yang berkeinginan untuk mudik atau balik," ungkap Kapolres, Rabu (26/4/2023)

Lebih lanjut Kapolres mengatakan, tujuan dilakukannya kegiatan ini, agar masyarakat terhindar dari kecelakaan lalu lintas dan mengantisipasi kepadatan arus lalu lintas saat mudik Lebaran.

"Harapannya adalah membantu masyarakat yang berkeinginan untuk mudik atau balik. Yang kedua mengurangi penggunaan kendaraan pribadi sehingga menjamin keselamatan, selain juga menghindarkan pemudik dari kerawanan laka lantas," jelasnya.

Selain itu, Kapolres menyebut kegiatan ini merupakan bentuk wujud kedekatan Polri dengan masyarakat.

"Selain itu ini merupakan bentuk kedekatan kami dengan masyarakat. Sehingga masyarakat bersimpati dengan kegiatan kepolisian, yang khususnya dilakukan Polres Jombang," ujarnya.

Baca juga:
Sopir Bus SMP PGRI Wonosari Malang Ditetapkan Tersangka, Ini Dasarnya

Kapolres menyebut upaya mengajak masyarakat mudik balik gratis ini sebelumnya diinformasikan melalui media sosial Polres Jombang. Dan sedikitnya ada puluhan warga yang mengikuti kegiatan mudik balik gratis Lebaran 2023.

"Hari ini ada 60 orang, yang diberangkatkan. Kemarin juga ada sekitar 60 orang," bebernya.

Sementara itu, Juliati (43) salah satu warga Jombang yang akan balik ke Surabaya usai mudik Lebaran mengatakan kegiatan yang dilakukan Polres Jombang ini sangat membantu masyarakat. Hal ini dikarenakan untuk transportasi umum balik mudik Lebaran, biasanya sangat sulit dicari.

Baca juga:
Polisi Selidiki Kematian Petinju Porprov Jatim 2023 asal Bondowoso

"Saya dari Jombang tujuan mau ke Surabaya, habis mudik mau balik. Yang dilakukan Polres Jombang ini luar biasa, bagi kami sangat membantu karena untuk bus penuh semua, dengan adanya mudik gratis ini sangat membantu," paparnya.

Ia berharap agar kedepannya kegiatan seperti ini bisa diadakan lagi. Karena sangat membantu masyarakat yang hendak balik atau mudik Lebaran.

"Ya semoga setiap tahunnya ada kegiatan seperti ini, karena ini sangat membantu sekali warga," pungkasnya.