Pixel Codejatimnow.com

Jual Kue Apang Khas Bugis, Emak-emak di Jombang Raup Cuan Jutaan Rupiah

Editor : Zaki Zubaidi  Reporter : Elok Aprianto
Kue Apang khas Bugis yang dijajakan di Jalan Ismail, Desa Ngoro, Kecamatan Ngoro, Jombang. (Foto: Elok Aprianto/jatimnow.com)
Kue Apang khas Bugis yang dijajakan di Jalan Ismail, Desa Ngoro, Kecamatan Ngoro, Jombang. (Foto: Elok Aprianto/jatimnow.com)

jatimnow.com - Iseng-iseng jualan jajanan tradisional khas Bugis, Mimik Khusnul Hidayati (43) warga Desa Ngoro, Kecamatan Ngoro, Kabupaten Jombang bisa meraup cuan jutaan rupiah per bulan.

Ia menjual Apang yang dikreasikan dengan varian rasa dan warna di jalan Ismail, Desa Ngoro. Buka sejak pukul 6 pagi hingga sore, kue Apang buatannya ludes dibeli para pelanggan.

Ditemui di lokasi berjualan, Mimik menjelaskan para pelanggan kue Apang ini kebanyakan ibu-ibu dan anak-anak. Awalnya para pelanggan ini penasaran bagaimana rasanya kue Apang, yang tampilannya warna warni menggugah selera.

"Rasanya manis, kuenya halus di mulut. Pertama orang beli itu, cuman mau mencicipi. Dan ternyata rasanya kok enak, akhirnya besoknya beli lagi," ungkapnya, Senin (8/5/2023).

Ia mengatakan usaha ini dimulai sejak satu tahun yang silam. Awalnya ia berusaha mencari peluang bisnis ditengah zaman yang semakin modern. Di tengah banyaknya makanan modern, ia akhirnya terpikir untuk menjual kue tradisional.

"Jajanan kekinian kan banyak ya mas. Mulai pizza, burger, terus olahan sosis, nah saya ingin mencari peluang jualan makanan yang belum ada saingannya. Ya akhirnya jualan ini kue Apang khas Bugis," jelasnya.

Kue Apang ini dibuat dari tepung, dan ragi instan, beserta pewarna alami serta bahan-bahan alami lainnya. Hal ini yang membuat kue Apang menjadi makanan yang lembut di mulut dan memiliki rasa yang beragam.

Baca juga:
Kuliner Unik Lamongan, Sambal Manuk Kowak Resep Legendaris Mbah Muntiah

Rasa yang khas ini membuat para pelanggan nyaman dan biasanya kue Apang dibuat sarapan para pelanggan.

"Paling banyak ibu-ibu yang beli. Dibuat sarapan pagi selagi hangat," paparnya.

Untuk harga satu porsi Apang, dibandrol dengan harga Rp10.000. Pelanggan bisa mendapatkan 8 jenis varian kue Apang hangat. Dalam sehari ia mengaku bisa meraup untung Rp300.000, bila dalam sebulan bisa menghasilkan kurang lebih, Rp 1 juta.

Sementara itu, Andini (22) salah satu pelanggan mengatakan biasanya ia membeli kue Apang bila ia sedang tak membuat masakan untuk sarapan pagi.

Baca juga:
Tersangka Korupsi Pupuk di Jombang Kembalikan Uang Negara, Kejaksaan Kebut Lengkapi Berkas

"Hampir setiap hari, beli kue Apang, buat sarapan. Kan kalau beli gini lebih praktis, dari pada masak," ujarnya.

Ia mengatakan rasa kue Apang merupakan makanan yang memiliki rasa khas. Rasa manis, bercampur gurih kelapa, sangat enak disantap pada pagi hari.

"Rasanya itu manis, gurih, dan kuenya lembut, enak buat sarapan, bikin kenyang," pungkasnya.