Pixel Codejatimnow.com

Pilkades Banyuning Laok Bangkalan Ricuh, Ratusan Brimob Kawal Kotak Suara

Editor : Zaki Zubaidi  Reporter : Fathor Rahman
Ratusan anggota Brimob mengamankan penghitungan suara di Desa Banyuning Laok, Bangkalan. (Foto-foto: Fathor Rahman/jatimnow.com)
Ratusan anggota Brimob mengamankan penghitungan suara di Desa Banyuning Laok, Bangkalan. (Foto-foto: Fathor Rahman/jatimnow.com)

jatimnow.com - Ratusan anggota Brimob diturunkan untuk mengawal penghitungan suara di Desa Banyuning Laok, Bangkalan. Hal ini dilakukan karena sejumlah pendukung calon kepala desa ricuh

Akibatnya penghitungan ulang dilakukan di pendopo agung Bupati Bangkalan, malam hingga dini hari tadi dilakukan dengan pengamanan ketat agar penghitungan dapat dilakukan secara kondusif. 

Kepala Dinas Kominfo Bangkalan, Agus Sugianto Zein mengatakan kericuhan bermula saat salah satu pendukung tidak terima dengan hasil penghitungan suara. Akibatnya, pendukung salah satu Cakades protes hingga tersulut emosi. 

"Terdapat selisih 4 suara dari Cakades yang menang dan yang kalah. Akibatnya, surat suara dari Banyuning Laok dihitung ulang tadi malam," ujarnya, Jumat (12/5/2023). 

Baca juga:
Polisi Tetapkan 2 Tersangka Carok di Bangkalan

Ia mengatakan, Pemerintah Kabupaten Bangkalan masih memiliki waktu untuk memfasilitasi pihak-pihak yang merasa keberatan dengan hasil Pilkades. Ada waktu satu bulan untuk menangani dan menganalisa aduan ataupun gugatan yang masuk. 

"Nanti setelah dilakukan analisa dan diproses, hasilnya akan disampaikan. Dari hasil tersebut jika masih tidak puas, bisa melanjutkan proses ke pengadilan," imbuhnya. 

Ia juga menegaskan, pelaksanaan Pilkades di 147 desa di Bangkalan sudah rampung dilakukan. Hanya saja, terdapat satu desa yang mengajukan keberatan sehingga dilakukan penghitungan ulang. 

Baca juga:
Dua Spesialis Pencuri Sapi Ditangkap di Bangkalan

"Semuanya sudah selesai, hanya penghitungan suara ini saja yang masih belum selesai," pungkasnya.