Kurangi Kesan Angker, Tembok Pemakaman Umum Dipercantik dengan Mural

Editor: Arif Ardianto / Reporter:

Lukisan mural di tembok pemakaman umum di Tulungagung/Foto: Wandra R Putri

jatimnow.com - Ribuan warga melakukan aksi lukis mural di tembok pemakaman umum Desa Ngujang Kecamatan Kedungwaru Kabupaten Tulungagung, Minggu (19/8/2018).

Aksi lukis mural ini digelar untuk mengenalkan wahana wisata Kera, yang banyak ditemui di lokasi pemakaman tersebut. Keberadaan kera di lokasi ini diharapkan bisa menarik perhatian pengunjung.

Lukisan mural ini mengambil tema peduli lingkungan alam dan satwa. Beberapa lukisan berisi pesan untuk menjaga kelestarian alam beserta satwanya.

Beberapa contoh ajakan untuk tidak mempekerjakan satwa seperti topeng monyet, aksi sirkus lumba-lumba juga ikut dikampanyekan melalui lukisan mural itu.

Rima, salah seorang peserta yang ikut melukis mural itu mengaku senang bisa berpartisipasi dalam aksi lukis mural ini. Selain bisa menyalurkan hobinya, lukisan mural ini juga bisa merubah kesan pemakaman yang biasanya suram dan menyeramkan, menjadi lebih indah dan berwarna.

"Dengan dilukis mural seperti ini, pemakaman akan lebih indah dan kesan menyeramkan bisa hilang," ujarnya.

Ribut Katenan, seorang penjaga makam di pemakaman desa itu menyambut positif adanya aksi lukisan mural itu. Selama ini, orang yang berkunjung ke pemakaman identik dengan berbagai hal yang negative, seperti mencari pesugihan atau ngalap berkah.

"Padahal di sini juga banyak kera dan bisa menjadi aset wisata yang menarik jika dikelola," ungkapnya.

Total kera yang berada di lokasi pemakaman ini mencapai ratusan ekor. Mereka sudah berada di sekitar lokasi pemakaman sejak ratusan tahun silam.

Dengan adanya lukisan mural ini, diharapkan bisa mendatangkan banyak pengunjung, untuk berwisata melihat kera. "Selama pengunjung memiliki niat baik, kera di sini tidak akan menggangu," pungkasnya.

 

Reporter: Wanda R Putri

Editor: Arif Ardianto

 

 

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter