Pixel Codejatimnow.com

DPD Golkar Jombang Daftarkan Bacaleg ke KPU Diantar Rama Sinta, Ini Filosofinya

Editor : Zaki Zubaidi  Reporter : Elok Aprianto
Rama Sinta saat mengiringi pendaftaran Bacaleg Partai Golkar ke KPU Jombang.(Foto: Elok Aprianto/jatimnow.com)
Rama Sinta saat mengiringi pendaftaran Bacaleg Partai Golkar ke KPU Jombang.(Foto: Elok Aprianto/jatimnow.com)

jatimnow.com - 15 orang jajaran pengurus DPD Partai Golkar Jombang mendaftarkan bakal calon anggota legislatif (Bacaleg) ke kantor KPU Jombang, pada Minggu (14/5/2023) pagi. Rombongan pengurus DPD Partai Golkar ini diiringi tarian Rama Sinta, hingga masuk ke ruang Husni Kamil Manik KPU Jombang.

Menurut keterangan Ketua DPD partai Golkar Jombang, Andik Basuki, secara filosofi tarian Rama Sinta melambangkan cinta abadi.

Menurutnya, setiap kader dan Bacaleg yang didaftarkan mencintai partai berlambang pohon beringin dan setia dengan partai.

"Rama dan Sinta melambangkan cinta abadi ya. Kita betul-betul cinta akan Partai Golkar ini sampai mati. Kita cinta NKRI sampai mati, artinya kita tidaklah mudah diusik, diiming-imingi, sekali Golkar tetap Golkar," ungkapnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan bahwa pada hari terakhir pendaftaran bacaleg ke KPU, DPD partai Golkar mendaftarkan 50 orang bacaleg yang akan mengikuti perhelatan politik di pemilu legislatif tahun 2024 nanti.

"Kita daftarkan bakal calon untuk penyerahan berkas ke KPU Jombang, dan alhamdulilah berjalan lancar," katanya.

Ia menyebut target DPD Partai Golkar pada pemilu legislatif tahun depan sangatlah mudah. Yakni menang di pemilu legislatif.

"Target kami mudah, yakni menang Pemilu legislatif. Untuk menang standarnya berapa. Kita lihat lawan kita, saat ini pemenangnya 10 kursi, berarti kita harus bisa di atasnya. Itu untuk target," jelasnya.

Dengan mendaftarkan 50 orang Bacaleg, Andik mengaku tengah memenuhi kuota 30 persen perempuan.

"Kuota perempuan 30 persen terpenuhi, sedangkan kuota kaum milenial ada sekitar 50 persen lebih. Selain itu ada bacaleg muda, dengan usia 26 tahun," paparnya.

Baca juga:
Eri Cahyadi Safari Politik ke Golkar Surabaya Tanpa Armuji

Ia menyebut masing-masing Dapil sudah terpenuhi para Bacaleg yang nantinya siap memperoleh kursi di DPRD Jombang.

"Semua sudah terisi. Sehingga target kami, artinya 8 kursi harus dapat 2, untuk memenuhi target menang," bebernya.

Sementara itu, Ketu KPU Jombang Athoillah mengatakan, pendaftaran Bacaleg hingga hari ini masih terus berjalan.

"Hari ini kan terakhir ya, sampai dengan jam 23.59 WIB. Dan sampai sekarang bisa dilihat kita masih menerima berkas untuk selanjutnya dilakukan pemeriksaan kelengkapan dari berkas itu," terangnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan bila berkas bacaleg dari partai politik (parpol) yang diserahkan ke KPU ada dua macam.

Baca juga:
Golkar Siapkan Mantu Pakde Karwo Lawan Eri-Armuji di Pilwali Surabaya 2024

"Berkasnya ada dua, yang diserahkan secara fisik seperti tadi itu, dan berkas yang kami terima secara digital, melalui Silon. Nah, itu yang dilakukan pemeriksaan lengkap atau tidaknya," ujarnya.

Setelah dilakukan pemeriksaan sementara, berkas Bacaleg yang diserahkan Parpol ada yang sudah dinyatakan lengkap dan ada pula yang dinayatakan masih kurang lengkap.

"Ada yang dinyatakan lengkap setelah diperiksa. Ada juga yang sempat dikembalikan dan langsung dilengkapi lagi sama partai kemudian diserahkan lagi," katanya.

Ia mengatakan ada satu partai yang berkas pengajuan Bacalegnya sempat dikembalikan dan sekarang sudah diperbaiki.

"Yang sempat dikembalikan ada satu. Dan untuk namanya kita sampaikan besok karena seluruh rangkaian masih belum selesai ya," pungkasnya.