Pixel Codejatimnow.com

200 Tahun Hok Sian Kiong, Ning Ita: Ini Bentuk Kebhinekaan yang Harmonis

Editor : Narendra Bakrie  Reporter : Achmad Supriyadi
Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari (Ning Ita) bersama suami Supriyadi Karima Saiful saat kirab (Foto-foto: Achmad Supriyadi/jatimnow.com)
Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari (Ning Ita) bersama suami Supriyadi Karima Saiful saat kirab (Foto-foto: Achmad Supriyadi/jatimnow.com)

jatimnow.com - Puncak HUT Makco Thian Shang Seng MU ke-1063 Klenteng Hok Sian Kiong dihadiri Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari (Ning Ita), Minggu (14/5/2023).

HUT dirayakan dengan kirab ritual budaya dari 51 perwakilan klenteng yang berada di seluruh penjuru Indonesia.

"Alhamdulillah hari ini kita dipersatukan dalam satu nuansa kebersamaan untuk bersama-sama mensukseskan kegiatan kirab budaya," terang Ning Ita.

Dia menambahkan, ritual budaya ini merupakan kirab budaya yang mempersatukan etnis, budaya, agama, ras dan budaya.

"Namun seluruh kebhinekaan itu tetap bisa menyatu dengan harmonis dan penuh kekeluargaan di kota tercinta," paparnya.

Menurut Ning Ita, kirab ritual berkat kerjasama yang dilakukan forkopimda dengan jajaran, sehingga warga Kota Mojokerto dapat hidup berdampingan dengan tenang dan nyaman.

"Ini adalah wujud kota yang aman, kota yang nyaman, kota yang damai bagi siapa saja untuk bisa tinggal dan berdomisili di dalamnya," ungkapnya.

Orang nomor satu di jajaran Pemerintah Kota (Pemkot) Mojokerto ini berharap di tahun depan, perayaan kirab akan lebih meriah.

"Semoga kegiatan ini di masa-masa berikutnya jauh lebih banyak menghadirkan tamu-tamu dari berbagai daerah se Indonesia," harapnya.

Ning Ita menyebut, kegiatan kirab ritual budaya ini serta dan Klenteng Hok Sian Kiong akan menjadi tonggak sejarah, bahwasanya di Kota Mojokerto ini akan menjadi barometer Kota yang harmonis.

"Ini adalah salah satu sejarah yang dinobatkan dan diturunkan sebagai destinasi cagar budaya," tambahnya.

Baca juga:
Kota Mojokerto Waspadai Cuaca Ekstrem, Ini Pesan Pj Wali Kota Ali Kuncoro

Di hadapan tamu dan warga sekitar yang hadir, Ning Ita berharap agar turut menjaga kelestarian Klenteng Hok Sian Kiong yang telah berusia dua abad ini.

"Mari kita rawat bersama, mari kita sebarkan ke berbagai penjuru negeri ini termasuk ke berbagai negara bahwa ada satu destinasi wisata yang layak untuk dikunjungi," pintanya.

Perayaan HUT Klenteng Hok Sian Kiong diselenggaran mulai dari ritual keagamaan, pertunjukan kesenian, kegiatan sosial, hingga pawai kebudayaan yang digelar selama empat hari bertutut-turut, mulai dari 11 sampai 14 Mei 2023.

Berikut foto-foto kirab dalam rangka 200 Tahun Hok Sian Kiong Kota Mojokerto:

Baca juga:
Kota Mojokerto Raih Predikat Terinovatif dalam IGA 2023