Pixel Codejatimnow.com

Kakak-Adik asal Banyuwangi Raih Emas Mobile Legends SEA Games Kamboja

Editor : Zaki Zubaidi  Reporter : Eko Purwanto
Siswanto dan Liyana memperlihatkan foto kedua putrinya Michelle dan Cindy saat menyabet emas di ajang SEA Games Kamboja 2023 nomor MLBB Putri. (Foto: Eko Purwanto/jatimnow.com)
Siswanto dan Liyana memperlihatkan foto kedua putrinya Michelle dan Cindy saat menyabet emas di ajang SEA Games Kamboja 2023 nomor MLBB Putri. (Foto: Eko Purwanto/jatimnow.com)

jatimnow.com - Cabang olahraga esport berhasil melambungkan bendera Indonesia di ajang SEA Games Kamboja 2023. Kepingan emas kembali bertambah lewat torehan ciamik di nomor Mobile Legends putri pada Kamis (11/5) lalu setelah mengalahkan Timnas Putri Filipina di partai final. 

Di balik torehan ciamik itu, ada dua Srikandi asal Banyuwangi ikut andil menorehkan tinta emas dalam sejarah dunia esport Tanah Air. 

Adalah Michelle Denis Siswanto (20) dan Cindy Laurent Siswanto (18), atau yang lebih dikenal dengan BTR Chell dan BTR Cinny, duet kakak-adik asal Dusun Krajan, Desa/Kecamatan Purwoharjo, Banyuwangi.

Bersama ketiga rekannya yang memperkuat Tim Bigetron Era, Michelle dan Cindy berjibaku dari babak penyisihan hingga partai final. Sempat takluk dua gim, Timnas Indonesia akhirnya sukses menekuk Filipina dengan skor 3-2 dalam sistem best of five series (BO5).

Capaian tersebut membuat bangga kedua orangtuanya, Budi Siswanto (52) dan Liyana (47). Tak hentinya orang tua Chell dan Cinny mengucap rasa syukur atas medali emas yang dipersembahkan kedua putrinya bagi Timnas Indonesia.

"Puji Tuhan tak hentinya kami ucapkan rasa syukur atas capaian kedua anak kami. Sampai kini kami masih terharu dan bangga," ujarnya kepada jatimnow.com, Senin (15/5/2023).

Hampir empat hari berlalu, perasaan was-was itu masih membekas di benak Siswanto dan istri. Bagaimana tidak, kesempatan mencetak emas perdana nyaris melayang ketika Timnas MLBB Putri tertinggal 1-2 di partai puncak.

Akan tetapi berkat ketenangan dan mental bertanding yang dimiliki, keduanya mampu mendongkrak performa tim secara keseluruhan. Siswanto mengatakan, baik Michelle dan Cindy silih berganti memperoleh most valuable player (MVP) di final.

"Keduanya bergantian cetak MVP. Sejak penyisihan grup sampai final tak pernah absen baik Michelle ataupun Cindy," kata dia.

Baca juga:
Pemkot Surabaya Beri Bonus Atlet dan Pelatih Peraih Medali SEA Games Rp1,2 Miliar

Sebelum bertanding, selalu Michelle dan Cindy meminta doa kepada kedua orangtuanya. Jalinan komunikasi diakui Siswanto tak pernah putus. Curahan hati serta keluh kesah kedua putrinya selalu ditumpahkan kedalam grup WhatsApp berisikan keluarga inti.

Tak hentinya dirinya dan istri memberikan dukungan moral kepada Michelle dan Cindy. 

"Biasa lah namanya anak muda, suka naik turun mentalnya. Berdua saya sama mamanya selalu kasih support. Jangan mudah menyerah dan selalu fokus akan tujuan," ucapnya.

Sewaktu Pelatnas, Siswanto dan istri sampai terbang ke Jakarta demi bisa menyambangi Michelle dan Cindy. Sekadar memberikan suntikan moral terhadap kedua putrinya itu.

Maklum meski sudah anak kuliahan, Siswanto mengungkap kedua putrinya itu tetaplah anak manja yang butuh kehadiran orang tua.

Baca juga:
Pemuda Wonoayu Tewas hingga Semburan Air 10 Meter di Bojonegoro

"Padahal udah besar tapi ya masih manja gitu. Kita sampai bela-belain ke Jakarta ketika mereka bilang kangen dan pengen ketemu sewaktu masih di Pelatnas," ujarnya.

Diketahui, Michelle dan Cindy merupakan anak kedua dan ketiga dari pasangan Budi Siswanto dan Liyana. Semenjak usia sekolah, keduanya sudah akrab dengan gim pabrikan Moonton itu.

Di level profesional Michelle dan Cindy memulai karir dari tim Luna Nera yang terbentuk pada tahun 2020 lalu. Tampil gemilang bersama tim, membuat Bigetron kepincut dan berhasil meminang keduanya.

Bersama BTR Era, rentetan piala dari level nasional sekelas Women Star League (WSl) 2022 sampai level internasional berhasil diraih tahun ini. Gelar itu serasa lengkap saat Michelle dan Cindy bersama tim, sukses mencatatkan sejarah juara perdana pada nomor Mobile Legends Putri di ajang SEA Games Kamboja 2023.