Pixel Code jatimnow.com

Pastikan Keamanan dan Kondusifitas, Kemenkumham Jatim Sidak Lapas Sidoarjo

Editor : Redaksi   Reporter : Zain Ahmad
Kadivpas Kanwil Kemenkumham Jatim, Teguh Wibowo saat sidak di Lapas Sidoarjo (Foto-foto: Kanwil Kemenkumham Jatim)
Kadivpas Kanwil Kemenkumham Jatim, Teguh Wibowo saat sidak di Lapas Sidoarjo (Foto-foto: Kanwil Kemenkumham Jatim)

jatimnow.com - Kepala Divisi Pemasyarakatan (Kadivpas) Kanwil Kemenkumham Jatim, Teguh Wibowo melakukan inspeksi mendadak (sidak) di Lapas Sidoarjo, Sabtu (20/5/2023).

Teguh ingin memastikan kondusifitas lapas di kota udang itu. Salah satunya melalui tegur sapa dengan warga binaan.

Di beserta Kalapas Faozul Ansori dan jajarannya langsung mengelilingi blok dari kamar hunian warga binaan, dapur, hingga tempat budidaya lele yang dimiliki oleh Lapas Sidoarjo.

"Tujuannya (sidak) ini untuk memastikan jajaran pengamanan lapas tetap aman dan kondusif di akhir pekan ini," jelas Teguh.

Untuk benar-benar memastikannya, pria asli Jakarta itu tidak hanya melakukan peninjauan. Tapi juga menggelar tegur sapa dengan beberapa warga binaan.

Baca juga:
Kemenkumham Jatim Gelar Wawancara 6 Pemohon Kewarganegaraan Indonesia

"Kami ingin mendengar sendiri dari warga binaan, selain itu agar warga binaan merasa diperhatikan dan didengarkan aspirasinya," katanya.

Teguh dengan senang hati menerima keluhan atau saran yang akan disampaikan warga binaan. Seperti terkait makanan, pelayanan dan pembinaan narapidana hingga kebersihan kamar.

"Kami tegaskan proses pengajuan hak bersyarat seperti asimilasi maupun integrasi tanpa dipungut biaya sepeserpun. Jika ada pegawai yang masih melakukan pungutan liar, segera laporkan kepada kami dan akan segera kami tindaklanjuti," tegasnya.

Baca juga:
3 Sertifikat Hak Cipta Diserahkan pada SMK Antartika 2 Sidoarjo, RUKI Bergerak

Teguh juga berharap seluruh warga binaan Lapas Sidoarjo bisa membantu para petugas untuk menciptakan kondisi Lapas yang aman dan kondusif.

Selain itu, dapur lapas juga tak lepas dari perhatian Teguh. Dia berpesan agar hal-hal yang berpengaruh terhadap kondisi kesehatan warga binaan dan kelayakan makanan harus selalu mendapatkan perhatian petugas.

"Kami tidak ingin sedikitpun jajaran terutama dalam hal pengamanan lapas di Jawa Timur ini lengah. Dalam kondisi apapun harus selalu waspada," tandasnya.

SPTP: Arus Peti Kemas Semester 1 Tahun 2024 Tumbuh 6 Persen
Ekonomi

SPTP: Arus Peti Kemas Semester 1 Tahun 2024 Tumbuh 6 Persen

"Peti kemas internasional tumbuh sekitar 5,76 persen jika dibandingkan dengan semester 1 tahun 2023 dan peti kemas domestik tumbuh sekitar 6 persen jika dibandingkan dengan periode tahun sebelumnya,” jelas Widyaswendra.