Pixel Codejatimnow.com

Gus Ipul Dorong Koperasi dan UMKM Kota Pasuruan Ciptakan Produk Kreatif Berkualitas

Editor : Redaksi  Reporter : Moch Rois
Peningkatan Kapasitas Koperasi dan UKM Kota Pasuruan (Foto-foto: Pemkot Pasuruan)
Peningkatan Kapasitas Koperasi dan UKM Kota Pasuruan (Foto-foto: Pemkot Pasuruan)

jatimnow.com - Tahun 2023 menjadi tahun sibuk bagi Kota Pasuruan. Setidaknya ada dua event berskala regional yang akan dihelat.

Pada bulan Juni, Kota Pasuruan akan menjadi tuan rumah Rakerwil IV Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi), di mana sejumlah kepala daerah akan hadir.

Selanjutnya pada September, Kota Pasuruan akan menghelat Musabaqah Tilawatil Quran Provinsi Jawa Timur ke-30 yang diperkirakan akan diikuti ribuan delegasi.

Sederet event tersebut diharapkan Wali Kota Pasuruan, Saifullah Yusuf (Gus Ipul) menjadi berkah, khususnya untuk para pelaku usaha mikro UMKM dan pegiat koperasi di Kota Pasuruan.

Hal tersebut disampaikan Gus Ipul ketika membuka kegiatan Peningkatan Kapasitas Koperasi dan UKM di Hall Hotel Transit, Senin (22/5/2023) pagi tadi.

"Kita sambut tamu Apeksi dan MTQ dengan menyediakan produk-produk UMKM andalan Kota Pasuruan. Agar tertarik, ciptakan produk yang berkualitas, harganya bersaing, dan mudah diakses," ujar Gus Ipul.

Untuk bisa menciptakan produk yang bagus, harga bersaing, dan mudah diakses, Gu Ipul berharap para peserta untuk serius dalam mengikuti pelatihan yang diinisiasi oleh Dinas Koperasi dan UMKM ini.

Baca juga:
Karnaval Budaya Meriahkan Perayaan Hardiknas di Kota Pasuruan

"Pelatihan itu bukan hanya sekedar datang tapi bagaimana kita bisa menambah ilmu. Karena nanti Anda akan diajari bagaimana membuat produk yang rasanya enak, mengemas produk dengan menarik, dan memiliki ciri khas dibanding produk lain," tambahnya.

Gus Ipul menambahkan, Pemkot Pasuruan berusaha memberikan pelatihan yang sesuai dengan kebutuhan koperasi dan UMKM. Ia memandang bahwa saat ini yang dibutuhkan adalah pelatihan bagaimana memciptakan produk yang bagus.

"Tantangan koperasi dan UMKM adalah bagaimana memproduksi produk yang bagus. Bagaimana produk kita punya nilai tambah. Selanjutnya kita baru bicara bagaimana mengelola keuangan dan memasarkan produknya," ungkapnya.

Baca juga:
Gus Ipul Harapkan Home Stay di Kota Pasuruan Bersih dan Sajikan Produk Lokal

Terkait pemasaran, Gus Ipul menyarankan agar pelaku UMKM memasarkan produknya melalui media online, termasuk ekatalog pemerintah.

"Manfaatkan keberadaan ekatalog. Saat ini pemerintah dalam melaksanakan kegiatan bisa belanja produk UMKM melalui ekatalog. Segera urus nomor usaha dan daftarkan di ekatalog," katanya.

Gus Ipul berharap agar sepulang dari kegiatan pelatihan ini, anggota koperasi dan pelaku UMKM bisa memiliki pengetahuan peningkatan kualitas produk dan berpengaruh dalam pemasaran yang lebih luas, serta peningkatan omset.