Pixel Code jatimnow.com

Pelindo Aksi Bersih Pantai, Kumpulkan 1,7 Ton Sampah

Editor : Redaksi  
Aksi bersih pantai yang dilakukan oleh Pelindo Group bersama Dinas Lingkungan Hidup Kota Semarang dan masyarakat di Pantai Tirang, Semarang. (Foto-foto: Pelindo for jatimnow.com)
Aksi bersih pantai yang dilakukan oleh Pelindo Group bersama Dinas Lingkungan Hidup Kota Semarang dan masyarakat di Pantai Tirang, Semarang. (Foto-foto: Pelindo for jatimnow.com)

jatimnow.com - Sebanyak 1.758 Kg sampah dari berbagai jenis berhasil dikumpulkan dalam aksi bersih pantai yang dilakukan oleh Pelindo Group bersama Dinas Lingkungan Hidup Kota Semarang dan masyarakat di Pantai Tirang, Semarang, Sabtu (10/6/2023).

Jumlah tersebut terdiri dari 416 Kg sampah organik dan 1.342 Kg sampah anorganik. Aksi tersebut dilakukan sebagai sarana edukasi bagi masyarakat agar sadar dalam menjaga kebersihan lingkungan. Khususnya dalam membuang sampah pada tempat yang telah ditentukan.

Corporate Secretary PT Pelindo Terminal Petikemas Widyaswendra mengatakan aksi bersih pantai merupakan wujud kepedulian perusahaan terhadap lingkungan sekitar.

Dia menyebut lingkungan perairan laut lekat dengan perusahaan yang memiliki bidang usaha jasa kepelabuhanan. Bersih pantai yang dilakukan Pelindo Group bertepatan dengan peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2023 yang mengambil tema "Solusi untuk Polusi Plastik".

"Dari sampah yang berhasil dikumpulkan 75 persennya atau 1.301 Kg adalah sampah plastik. Dari sini kita tahu bahwa saat ini masih banyak masyarakat yang membuang sampah sembarang yang mengakibatkan lingkungan menjadi kotor, salah satunya Pantai Tirang ini," kata Widyaswendra.

Dalam kesempatan tersebut, Pelindo Group melalui program Pelindo Peduli menyerahkan bantuan kepada Dinas Lingkungan Hidup Kota Semarang. Bantuan yang diberikan berupa peralatan pendukung untuk pengelolaan sampah seperti tempat sampah, timbangan sampah, dan peralatan lainnya.

Widyaswendra menyebut bahwa program Pelindo Peduli adalah program yang berkesinambungan.

Baca juga:
Terapkan Single ERP–SAP di TPS Dukung Standarisasi Sistem Non-Operasional

Sebelum aksi bersih pantai, Widyaswendra mengatakan PT Pelindo Terminal Petikemas telah melakukan penanaman 55.000 bibit mangrove di Surabaya. Tahun 2023 ini PT Pelindo Terminal Petikemas akan menanam 125.000 bibit mangrove di berbagai wilayah di Indonesia. Selain penanaman mangrove, pihaknya juga akan melakukan rehabilitasi terumbu karang dan penanaman sejumlah pohon.

"Kami telah memiliki rencana kerja jangka panjang untuk turut menjaga kelestarian lingkungan, jadi tidak hanya selesai pada kegiatan ini saja namun masih ada program-program lainnya," ungkapnya.

Sekretaris Daerah Kota Semarang Iswar Aminuddin menyambut baik aksi bersih Pantai Tirang yang dilakukan oleh Pelindo Group. Dibutuhkan komitmen bersama untuk menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan. Kebersihan lingkungan adalah tanggung jawab bersama khususnya masyarakat.

Baca juga:
TPS Kolaborasi Pemkot Surabaya Wujudkan Zero Stunting di Kecamatan Krembangan

Pihaknya selalu terbuka bagi siapa saja yang akan memberikan dukungan kepada Pemerintah Kota Semarang dalam menjaga kebersihan lingkungan.

"Pemerintah memfasilitasi dan memberikan dukungan, namun yang lebih penting adalah kesadaran masyarakat itu sendiri untuk membuang sampah pada tempatnya dan mengurangi produksi sampah terutama yang berbahan plastik," tegasnya.

Lebih lanjut, Iswar mengatakan bahwa Pantai Tirang merupakan salah satu pantai wisata yang masih tersisa di Kota Semarang. Pantai Tirang saat ini menjadi tujuan wisata bagi masyarakat lokal. Untuk itu, kepedulian masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan Pantai Tirang dibutuhkan agar tetap menjadi lokasi wisata yang nyaman.

Mencari Pemimpin Millenial untuk Surabaya
Jatim Memilih, Politik

Mencari Pemimpin Millenial untuk Surabaya

"Millenial perlu ruang, dan pengetahuan politik. Mereka butuh sosialisasi sehingga bisa memilih pemimpin yang tepat," ucap mantan Ketua PSI Surabaya, Erick Komala.