Pixel Code jatimnow.com

Mengenal Desa Wisata Durensari di Trenggalek yang masuk 75 besar ADWI 2023

Editor : Zaki Zubaidi   Reporter : Bramanta Pamungkas
ADWI saat melakukan visitasi ke Desa Wisata Durensari di Trenggalek. (Foto: Bramanta Pamungkas/jatimnow.com)
ADWI saat melakukan visitasi ke Desa Wisata Durensari di Trenggalek. (Foto: Bramanta Pamungkas/jatimnow.com)

jatimnow.com - Desa Wisata Durensari yang berada di Desa Sawahan, Kecamatan Watulimo, Kabupaten Trenggalek, masuk dalam 75 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2023.

Desa wisata ini akan memperebutkan 5 kategori terbaik. Tim dewan juri ADWI 2023 bersama Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) melakukan visitasi dan penilaian di desa tersebut.

Desa ini menawarkan potensi buah durian yang melimpah, serta sejumlah spot wisata alam yang layak untuk dikunjungi.

Direktur Tata Kelola Destinasi dan Pariwisata Berkelanjutan Kemenparekraf, Indra Ni Tua mengatakan desa ini memiliki potensi wisata kelas dunia. Selain potensi hutan durian, Desa Wisata Durensari juga memiliki potensi budaya bersih yang perlu diapresiasi.

Pasalnya, terdapat sebuah sungai yang dulunya menjadi lokasi pembuangan sampah, kini oleh masyarakat diubah menjadi salah satu spot wisata air yang dapat dinikmati oleh wisatawan.

"Ini merupakan tingkat tertinggi dalam pemberdayaan masyarakat. Meski di sisi lain, Desa Wisata Durensari juga memberikan dampak secara sosial dan ekonomi masyarakat sekitar. Inilah yang dinamakan wisata berkelanjutan," ujarnya, Rabu (14/06/2023).

Baca juga:
Sutomo, Menghapus Luka Menyulap Desa

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Trenggalek, Sunyoto menceritakan, pada 2023 pihaknya mengusulkan 12 desa wisata di Trenggalek untuk mengikuti ADWI. Mereka bersaing dengan total peserta mencapai 4.573 desa wisata diseluruh Indonesia. Pada saat kurasi 500 besar, ada 8 wisata desa di Trenggalek yang lolos.

"Kemudian pada saat kurasi 300 besar, wisata desa Trenggalek yang masuk hanya 4 desa wisata," tuturnya.

Baca juga:
Durensewu Kondang, jadi Kontrol Sosial, DPRD Bojonegoro Sidak Tambang Kapur

Setelah memasuki kurasi 75 besar, ternyata Wisata Desa Durensari masuk dalam 75 desa wisata berkelas dunia. Untuk tahap selanjutnya, Tim Kemenparekraf akan melakukan visitasi untuk memastikan kesesuaian profile yang diajukan dengan fakta di lapangan.

"Semoga Desa Wisata Durensari bisa mendapatkan rangking terbaik. Sehingga juga bisa memacu semangat desa lainya untuk memajukan desa wisata. Mengingat potensi wisata di Trenggalek sangat tinggi," pungkasnya.