Pixel Code jatimnow.com

Ratusan Atlet Ramaikan Kejurprov Panah Junior Jatim di Tulungagung

Editor : Zaki Zubaidi   Reporter : Bramanta Pamungkas
Atlet panah saat berlaga di Kejurprov Junior Jatim. (Foto-foto: Bramanta Pamungkas/jatimnow.com)
Atlet panah saat berlaga di Kejurprov Junior Jatim. (Foto-foto: Bramanta Pamungkas/jatimnow.com)

jatimnow.com - Ratusan atlet panah dari berbagai daerah mengikuti Kejurprov Panah Junior Jatim, yang berlangsung di Lapangan Beji, Tulungagung.

Kejurprov ini diselenggarakan oleh Persatuan Panahan Indonesia (Perpani) Jawa Timur. Lomba ini juga menjadi ajang seleksi para atlet yang akan dikirim ke Kejurnas bulan depan. Selain itu Kejurprov digelar untuk mencari bibit atlet panah baru.

Ketua Umum Perpani Jawa Timur, Deny Trisdianto mengatakan terdapat 3 kategori yang dilombakan dalam Kejurprov ini. Yakni kategori nasional, recurve dan compound. Sedangkan untuk kelompok usia dibagi dalam dua jenis U 15 dan U 18.

"Kejurprov ini juga merupakan ajang pembinaan para atlet sekaligus seleksi untuk kita kirim ke Kejurnas bulan depan," ujarnya, Jumat (16/06/2023).

Jawa Timur menjadi kiblat panahan di Indonesia. Hal ini terbukti mereka sukses menjadi juara umum dalam Pekan Olahraga Nasional (PON) sebanyak 10 kali.

Baca juga:
Atlet Panahan, Bidik Poin Penuh, Prabowo Tetap Kokoh

Kesuksesan tersebut tak lepas dari pembinaan para atlet sejak usia dini. Selain dilakukan di internal klub, Pengrpov Perpani juga menggelar sejumlah event untuk meningkatkan kualitas atlet.

"Jika tidak diimbangi dengan pembinaan yang tertata dan bagus prestasi tidak mungkin dapat diraih," tuturnya.

Sementara itu, bermain di kandang sendiri menjadi keuntungan bagi Perpani Tulungagung. Pelatih Perpani Tulungagung, Toni Widaynto mengaku para atlet sudah mengenal kondisi lapangan yang menjadi lokasi perlombaaan.

Baca juga:
Atlet Panahan Kabupaten Pasuruan Raih 4 Emas Porprov Jatim 2023

Tantangan terberat adalah angin. Karena mereka melawan arah angin sehingga membuat anak panah menjadi lebih lambat. Dalam kejuaraan ini mereka mentargetkan meraih medali dua emas, dua perak dan dua perunggu.

"Perlombaan juga kita jadikan untuk menambah jam terbang para atlet panah Tulungagung," pungkasnya.