Pixel Code jatimnow.com

Libas India 3-0, Tim Voli Putri Indonesia Juara Grup E AVC Challenge Cup 2023

Editor : Zaki Zubaidi   Reporter : Sahlul Fahmi
Pelatih Timnas Indonesia Alim Suseno saat press conference setelah pertandingan (Foto: Sahlul Fahmi/jatimnow.com)
Pelatih Timnas Indonesia Alim Suseno saat press conference setelah pertandingan (Foto: Sahlul Fahmi/jatimnow.com)

jatimnow.com - Tim Voli Putri Indonesia melaju ke babak tampil sebagai juara Grup E setelah menang telak 3-0 (25-21, 25-15, 25-16) menaklukan India pada laga pamungkas Grup E Kejuaraan Bola Voli Putri Asia "AVC Challenge Cup 2023 for Women" yang berlangsung di GOR Tri Dharma Gresik, Jumat (23/6/2023).

Timnas putri yang sudah memastikan lolos ke semifinal sehari sebelumnya, akan menghadapi runner-up Grup F, Taipe yang dalam laga sebelumnya tumbang di tangan Vietnam dengan skor 0-3 (20-25, 17-25, 19-25).

Sedangkan Vietnam yang menjadi juara Grup F akan menghadapi runner-up Grup E, India di semifinal.

"Taipe jelas bukan lawan yang mudah, mereka punya pemain-pemain bagus. Saya sudah melihat permainan mereka, semoga besok anak-anak bisa bermain bagus dan menang," kata pelatih Timnas Indonesia Alim Suseno usai pertandingan.

Pada laga ini, Alim memainkan tim utama pada set pertama. Rotasi mulai dilakukan pada pertengahan set kedua saat posisi memimpin angka dan permainan India terlihat kurang solid.

Rotasi ini juga untuk menyimpan tenaga pemain-pemain utama agar kondisinya tetap fit saat menghadapi Taiwan pada laga empat besar.

"Ini juga bagian dari strategi untuk memberi kesempatan pemain-pemain pelapis lebih lama bermain dan hasilnya lumayan bagus. Jadi, kalau seandainya besok lawan Taipe harus ada perubahan, saya sudah tahu siapa yang harus dimainkan," tambah Alim.

Spiker Timnas Indonesia Hani Budiarti mengaku senang mendapat kesempatan bermain lebih lama dibanding beberapa laga sebelumnya sehingga bisa mengeluarkan kemampuan terbaik.

"Seandainya besok lawan Taipe diberi kepercayaan lagi sama pelatih untuk main, saya siap 100 persen memberikan yang terbaik lagi," kata Hani yang pada laga ini membukukan 10 angka bagi timnya, terbanyak kedua setelah Ratri Wulandari dengan sumbangan 12 angka.

Sementara itu, pelatih Timnas India Chauhan Pritam Singh mengatakan anak asuhnya sudah memberikan perlawanan maksimal, tetapi tuan rumah Indonesia memang tampil lebih solid, baik dalam menyerang maupun bertahan.

"Kami tetap all out meksipun sudah memastikan lolos semifinal, tapi memang Indonesia tampil lebih baik. Set pertama permainan cukup ketat dan berimbang, tapi beberapa kali pemain kami melakukan kesalahan," katanya.

Baca juga:
LavAni Kalahkan Bhayangkara Presisi 3-0 di Final Four Seri Surabaya

Menghadapi Vietnam pada babak semifinal, Pritam menyebut peluangnya masih fifty-fifty karena kedua tim belum pernah bertemu sebelumnya. "Semua tim lolos semifinal punya peluang sama," ujarnya.

Hasil lainnya: 

Iran - Uzbekistan 3-0 (25-18, 25-17, 25-18)

Australia - Filipinai 3-1 (25-18, 25-22, 21-25, 25-20)

 

Jadwal Sabtu (24/6/2023):

Baca juga:
Apresiasi Turnamen Voliga, Pj Gubernur Jatim: Tahun Depan Harus Digelar Lagi

09.00 : Mongolia - Makau (rank 9-11)

11.30 : Australia - Uzbekistan (5-8)

14.00 : Filipina - Iran (5-8)

16.30 : Indonesia - Taipe (SF)

19.00 : Vietnam - India.