Pixel Code jatimnow.com

Pemkab Ponorogo Bagikan 5 Sapi dan 12 Kambing untuk Kurban Idul Adha

Editor : Zaki Zubaidi   Reporter : Ahmad Fauzani
Kabag Kesejahteraan Masyarakat (Kesra) Pemkab Ponorogo, Hadi Rustiyono. (Foto: Ahmad Fauzani/jatimnow.com)
Kabag Kesejahteraan Masyarakat (Kesra) Pemkab Ponorogo, Hadi Rustiyono. (Foto: Ahmad Fauzani/jatimnow.com)

jatimnow.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ponorogo menyiapkan 5 ekor sapi dan 12 ekor kambing untuk kurban Hari Raya Idul Adha 1444 H. Untuk membeli hewan kurban tersebut, pihak Pemkab Ponorogo menganggarkan Rp173 juta.

“Pembelian hewan kurban ini melalui e-katalog,” ujar Kabag Kesjahteraan Masyarakat (Kesra) Pemkab Ponorogo, Hadi Rustiyono, Rabu (28/6/2023)

Dari dana Rp173 juta itu, kata dia,  didapatkan 5 ekor sapi dan 12 ekor kambing untuk kurban Pemkab Ponorogo. Berat sapi  kisaran 350 kilogram atau 3,5 kuintal sampai 500 kilogram atau 5 kuintal.

“Untuk hari penyaluran berbeda antara sapi dan kambing,” kata mantan Kabag Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Pemkab Ponorogo ini.

Dia menjelaskan untuk rencana penyaluran 12 ekor kambing disalurkan, hari ini Rabu (27/6/2023). Belasan kambing disalurkan kepada masjid musala masyarakat yang mengajukan proposal ke Bagian Kesra.

Baca juga:
Segini Sumbangan PAD Pemkab Ponorogo dari Grebek Suro 2024

“Lokasinya bervariasi tidak semua di tengah kota. Juga tidak semua di pinggiran kota,” tegas Hadi.

Contohnya adalah di Desa Gajah Kecamatan Sambit, Kecamatan Sukorejo, Kecamatan Sampung, Kecamatan Ngrayun, Kecamatan Sawoo. Pun ada pula mushola di tengah Kecamatan Ponorogo Kota.

Baca juga:
DPRD dan Pemkab Ponorogo Sepakati Perda KTR setelah Dibahas 2 Tahun

Sementara, untuk penyaluran hewan kurban 5 ekor sapi direncanakan Kamis (28/6/2023) sesaat setelah pelaksana kan shalat Idul Adha. Untuk penyerahan dilakukan secara seremonial di Masjid Agung Ponorogo.

“Nanti 5 itu dibagikan di Masjid Agung Ponorogo. Lainnya diserahkan kepada ormas keagamaan seperti NU dan Muhamadiyah,” pungkasnya.