Penggantian Antar Waktu, 1 Komisioner KPU Tulungangung Dilantik

Editor: / Reporter:

Ketua KPU Tulungagung Suprihno

jatimnow.com - Setelah menunggu selama dua minggu, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jawa Timur, akhirnya melantik anggota KPU Tulungagung dalam penggantian antar waktu (PAW).

Pelantikan ini terjadi karena dua anggota komisioner KPU Tulungagung sebelumnya  mengundurkan diri usai pelaksanaan pilkada serentak.

Salah satu diantaranya mengundurkan diri karena mencalonkan sebagai calon legislatif, sedangkan satu lainnya mengundurkan diri karena diterima sebagai komisioner Bawaslu Tulungagung.

Ketua KPU Tulungagung, Suprihno menjelaskan pelantikan anggota KPU Tulungagung itu bersamaan dengan pelantikan anggota KPU Surabaya dan Ponorogo.

Sesuai aturan ada beberapa nama yang berhak menduduki jabatan komisioner berdasarkan peringkat seleksi sebelumnya. Mereka adalah Mustofa, Muhamad Nafik, Fadiq, M Khoirul Anam dan Sodik Purnomo.

“Pada gelombang pertama ini, Mustofa dilantik terlebih dahulu. Karena berkas administrasi sudah lengkap" ujarnya.

Suprihno juga menambahkan, komisioner baru akan langsung menyesuaikan dengan tugasnya.

"Termasuk juga dengan tahapan yang kini berjalan. Yakni untuk pemilihan legislatif dan pemilihan presiden," katanya.

Mustofa ini nantinya akan diposisikan sebagai koordinator divisi teknis, yang sebelumnya diisi oleh Mohammad Fatah Masrun yang mengundurkan diri karena ikut kontestasi bakal calon legislatif (bacaleg) dalam Pemilu 2019 mendatang.

Terkait PAW untuk anggota KPU sebagai Divisi SDM dan partisipasi masyarakat, Suprihno menjelaskan untuk PAW berikutnya akan segera dilakukan.

Saat ini masih memenuhi kelengkapan berkas serta verifikasi terhadap calon pengganti. “Kita masih verifikasi terkait kesiapan calon pengganti, apakah mereka siap atau tidak sebagai anggota komisioner. Jika tidak siap, rangking berikutnya,” pungkasnya.

Reporter: Wanda R Putri
Editor: Erwin Yohanes

 

 

Loading...

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow4@gmail.com

Newsletter