Tahapan Pilkades Dimulai, Pemkab Blitar Bentuk Kepanitiaan

Editor: Erwin Yohanes / Reporter: CF Glorian

Kantor Pemkab Blitar

jatimnow.com - Pemkab Blitar memastikan proses pelaksanaan pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak di 31 Desa dari 17 Kecamatan di Kabupaten Blitar bakal terlaksana akhir Oktober 2018 ini. Pilkades serentak sendiri akan digelar pada 9 Oktober 2018.

Pemerintah saat ini sudah membentuk panitia ditiap desa. Ini termasuk perencanaan tahapan untuk menjaring calon Kades.

"Tahapnya sekarang membentuk panitia penyelenggara Pilkades dimasing-masing desa. Nanti kita juga menyiapkan beberapa tata cara terkait proses pendaftaran calon kades," kata Kepala Bagian Tata Pemerintahan Pemkab Blitar, Suhendro Winarso, Jumat (24/08/2018).

Sesuai tahapan, Rencananya pelantikan Pilkades terpilih akan dilakukan pada 27 Desember 2018. Pengambilan sumpah dan pelantikan akan dilakukan di Pendopo Ronggo Hadinegoro.

Lebih lanjut Suhendro menjelaskan, pelaksanaan pilkades serentak bakal digelar dengan menggunakan anggaran yang diusulkan melalui APBD Perubahan 2018.

Ia memastikan tidak ada desa yang berpotensi terjadi kericuhan selama proses pilkades berlangsung. Meski begitu, upaya pencegahan akan terus dilakukan melalui koordinasi dengan pihak keamanan.

"Saya kira masyarakat sudah pandai ya dalam pesta demokrasi. Meskipun Kecamatan Ponggok adalah kecamatan dengan jumlah penduduk terbesar, tapi sebelum-sebelumnya juga tidak bermasalah," pungkasnya.

Reporter: CF Glorian
Editor: Erwin Yohanes

 

 


jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter