Pixel Code jatimnow.com

PWI Lamongan Resmi Dilantik, Tawarkan Solusi Cegah Penyalahgunaan Profesi Wartawan

Editor : Zaki Zubaidi   Reporter : Adyad Ammy Iffansah
Suasana pelantikan pengurus PWI periode 2023-2026 dan penandatanganan MoU pencegahan penyalahgunaan profesi Wartawan. (Foto: Adyad Ammy Iffansah/jatimnow.com)
Suasana pelantikan pengurus PWI periode 2023-2026 dan penandatanganan MoU pencegahan penyalahgunaan profesi Wartawan. (Foto: Adyad Ammy Iffansah/jatimnow.com)

jatimnow.com - Pelantikan pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Lamongan periode 2023-2026 yang dipimpin Kadam Mustoko sukses digelar, Selasa Pagi (18/07/2023).

Sebelumnya, Kadam Mustoko terpilih sebagai Ketua PWI Lamongan, melalui konferensi luar biasa, Sabtu (6/5/2023).

Kadam Mustoko menggantikan Ketua PWI Lamongan Febri yang mundur dari jabatannya, sebelum masa periodenya habis, karena alasan pindah tempat kerja di luar Lamongan.

Selain pelantikan pengurus PWI Lamongan, juga dilakukan penandatanganan nota kesepahaman pencegahan penyalahgunaan profesi wartawan dengan kepala pengadilan agama, kejaksaan negeri, pengadilan negeri, Kodim, Polres, Ketua DPRD dan Pemerintah Kabupaten Lamongan.

"Banyak pihak yang mengaku-ngaku sebagai wartawan, mengambil keuntungan untuk kepentingan pribadi. Kami berharap kepengurusan baru PWI Lamongan bisa mengembalikan marwah wartawan sebagai bagian dari fungsi edukasi dan kontrol sosial," ungkap Kadam mustoko saat memberikan sambutan usai dilantik Ketua PWI Jatim, Lutfil Hakim, Selasa (18/7/2023).

Mempertegas hal tersebut, Lufil Hakim ketua PWI Jatim mengungkapkan bahwa profesi jurnalis harus bisa menerangi dan mencerdaskan warga masyarakat.

Baca juga:
Program UKW Gratis PWI Pusat Sasar Puluhan Wartawan Jawa Timur

"PWI harus bisa searah dengan semua stake holder pembangunan. Bukan hanya menyampaikan berita-berita yang positif tapi juga tetap memberikan kritik dan kontrol jika ada salah atau penyimpangan yang didukung dengan data-data yang kuat," tegas Lutfil Hakim.

Senada, Bupati Lamongan Yuhronur Effendi sangat mendukung literasi profesi wartawan.

"Besar harapan kami, PWI, wartawan dan media yang lain dapat berperan besar dalam kolaborasi pentahelix mendukung pencapaian kejayaan Lamongan yang berkeadilan, " jelasnya.

Baca juga:
Pangdam Brawijaya Mayjen TNI Rafael Terima Penghargaan Prapanca Award PWI Jatim

Yuhronur berharap PWI Lamongan bisa membantu menyebarkan capaian kinerja pembangunan.

"Informasi yang diterima masyarakat akan memberikan energi positif yang mendorong kami untuk terus meningkatkan. Layanan untuk mereka," tegasnya.

Turun hadir dalam pelantikan PWI Lamongam, Forkopimda, para kepala OPD, camat, perwakilan kepala desa dan kepala sekolah se-Kabupaten Lamongan.

Cara Menjaga Kesehatan saat Musim Bediding
Gaya Hidup

Cara Menjaga Kesehatan saat Musim Bediding

Perubahan suhu yang ekstrem akibat bediding bisa memicu beberapa masalah kesehatan, mulai tubuh terasa menggigil, asma, alergi, migrain, hingga stres pada tubuh.