Pixel Code jatimnow.com

Politisi PAN Kediri Reza Darmawan Hijrah ke Partai Gerindra, Kepincut Maju DPR RI?

Editor : Zaki Zubaidi   Reporter : Yanuar Dedy
Reza Darmawan, politisi Kota Kediri yang resmi hijrah ke Gerindra. (Foto: Yanuar Dedy/jatimnow.com)
Reza Darmawan, politisi Kota Kediri yang resmi hijrah ke Gerindra. (Foto: Yanuar Dedy/jatimnow.com)

jatimnow.com - Politisi Kota Kediri Reza Darmawan memilih hijrah ke Partai Gerindra di tengah persiapan Pileg 2024. Dia menyebut tak lagi sejalan dengan Partai Amanat Nasional (PAN), setelah belasan tahun bersama.

Saat ini Reza Darmawan merupakan Ketua Komisi A DPRD Kota Kediri. Dia menjadi tokoh penting di PAN Kota Kediri hampir 15 tahun terakhir selama ia menjabat di tiga periode.

Surat pengunduran diri dari PAN secara resmi diajukan sejak 14 Juli 2023 kemarin. Diakui Reza Darmawan bukan keputusan yang mendadak. Ada proses panjang sebelum akhirnya ia memutuskan untuk ganti kendaraan.

"Memang ini melalui proses yang cukup panjang, ada pemikiran yang cukup dalam kurang lebih berapa tahun ya itu akhirnya kita memutuskan untuk pindah ke Partai Gerindra," dalih Reza Darmawan, Selasa (18/7/2023).

Reza mengakui tak lagi sejalan dengan PAN. Banyak perbedaan visi misi yang terjadi selama ini. Di sisi lain, dia melihat potensi Gerindra yang sesuai dengan visi misi dirinya untuk mengembangkan potensi pertanian di Kediri. Termasuk sosok Prabowo Subianto.

“Kita melihat memang banyak perbedaan visi misi yang terjadi selama ini. Terus kita melihat ada potensi di partai lain untuk mengembangkan sisi politik saya, sisi sosial saya dan sisi pengembangan partai yang sevisi dan semisi dengan saya, akhirnya saya memilih Gerindra,” jelas Reza.

Baca juga:
Pilbup Lamongan 2024, Petahana Kantongi 4 Surat Tugas Parpol

“Visi misi (Gerindra) bagi saya lebih cocok dengan kondisi lingkungan di karisidenan Kediri, dan tujuan untuk ke pertanian menjadi sektor yang utama dalam pengembangan saya sevisi misi juga dengan Gerindra. Mudah-mudahan ini jadi dasar utama saya untuk mengembangkan pangan di Indonesia nanti ke depannya,” tambahnya.

Saat ini Reza Darmawan tengah fokus mempersiapkan berkas administrasi untuk pencalonannya di DPR RI Dapil 6 Jawa Timur, meliputi Kediri, Blitar dan Tulungagung.

“Pencabutan berkas sudah kami lakukan, saat ini tengah menyiapkan persyaratan lain untuk kembali mendaftar melalui Gerindra,” tegasnya.

Baca juga:
Relawan AH Thony Bikin Aksi di Depan Kantor DPRD Surabaya, Gak Bahaya Ta?

Komunikasi dengan Gerindra pun, Reza memastikan berjalan cukup baik. Kemarin malam dia sudah bertemu dengan seluruh pengurus Gerindra untuk konsolidasi.

Ini menurutnya menjadi modal penting untuk memenangkan partai barunya ini di karisidenan Kediri. Dia pun memastikan kadernya masih cukup solid mendukung dirinya meski tak lagi bersama PAN.

“Insya Allah kami tetap solid, pemilih, kader, tim pemenangan tetap solid. Karena memang pada prinsip metode hari ini tidak hanya faktor partai tapi lebih banyak faktor personal yang menjadikan dasar untuk memilih kita. Ini kita kuatkan, konsolidasi terus kita lakukan dan alhamdulillah tetap mendukung dimana pun posisi saya berada,” tandas Reza.