Pixel Codejatimnow.com

Warga Berjajar Sepanjang 78 Meter Santap Tumpeng Besar di Malam Tirakatan Ponorogo

Editor : Endang Pergiwati  Reporter : Ahmad Fauzani
Tumpeng besar dengan tumpeng kecil berjumlah (Ahmad Fauzani/jatimnow.com)
Tumpeng besar dengan tumpeng kecil berjumlah (Ahmad Fauzani/jatimnow.com)

jatimnow.com - Malam Tirakatan 17 Agustus 2023 di Jalan Pilangsari, Kelurahan Purbosuman, Kabupaten Ponorogo, menjadi istimewa dengan kehadiran sebuah tumpeng berukuran besar yang menarik perhatian.

Warga RT 01 RW 02, Lingkungan Kidul Kali, Kelurahan Purbosuman, Kabupaten Ponorogo, menghadirkan tumpeng besar ini sebagai persembahan dalam perayaan Kemerdekaan Republik Indonesia ke-78.

Meski pada pandangan pertama terlihat seperti tumpeng biasa, namun keunikan tersembunyi dari tumpeng ini membuatnya istimewa. Di tengah tumpeng-tumpeng besar tersebut, terselip 78 tumpeng mini yang melambangkan usia RI saat ini.

Setiap tumpeng mini dilengkapi dengan beragam lauk-pauk. Keistimewaan tumpeng ini semakin terpancar lewat ornamen lampu yang menghiasi tampilannya, serta gambar-gambar tokoh-tokoh penting seperti Presiden Joko Widodo, Wakil Presiden Ma’ruf Amin, dan Proklamator Soekarno serta Hatta.

Warga yang berjajar menyantap bersama tumpeng tersebut. Warga yang berjajar menyantap bersama tumpeng tersebut.

Malam tirakatan tersebut diwarnai dengan proses pembagian tumpeng secara merata kepada warga. Panjang tumpeng yang mencapai 78 meter melambangkan usia RI yang ke-78.

Baca juga:
Hospital Bantarangin Ponorogo Siap Diresmikan, Fasilitas Kesehatan untuk Warga Wilayah Barat

Acara tersebut menghadirkan semangat gotong royong, di mana tumpeng-tumpeng ini dibuat oleh donatur warga baik dari segi tenaga maupun dana, tanpa ada paksaan. Diperkirakan biaya pembuatan tumpeng mencapai Rp 3 juta.

Teguh Imam Santoso, Ketua RT setempat, mengungkapkan bahwa inisiatif pembuatan tumpeng ini datang dari warga dengan antusiasme tinggi.

“Semua ide awal dari warga. Mereka sangat semangat ketika malam tirakatan. Tidak hanya tumpeng biasa tahun ini berbeda, ada tumpeng besar serta yang mini berjumlah 78 sesuai usia Indonesia,” ujarnya.

Baca juga:
Biaya Pengobatan Balita Tercebur Kuah Panas Ditanggung Dinsos P3A Ponorogo

Dia berharap semangat gotong royong ini dapat diwariskan kepada generasi muda di lingkungan setempat.

“Sehingga tradisi meriahkan peringatan HUT RI dengan tumpeng semakin kokoh terjaga dan berlanjut dalam tahun-tahun mendatang,” pungkasnya.