Pixel Codejatimnow.com

Lezatnya Ragam Olahan Pisang di Banana Creative Ponorogo, Mau Coba?

Editor : Endang Pergiwati  Reporter : Ahmad Fauzani
Wakil Bupati Ponorogo Lisdyarita mencicipi olahan berbahan dasar pisang (Ahmad Fauzani/jatimnow.com)
Wakil Bupati Ponorogo Lisdyarita mencicipi olahan berbahan dasar pisang (Ahmad Fauzani/jatimnow.com)

jatimnow.com - Acara Banana Creative Pisang di Kelurahan Surodikraman, Kecamatan/Kabupaten Ponorogo, telah berhasil menghadirkan puluhan olahan makanan dan minuman berbahan dasar pisang.

Dalam acara tersebut, ibu-ibu dari 21 RT di wilayah tersebut turut berpartisipasi dalam menciptakan kreasi unik dari buah pisang. Wakil Bupati Ponorogo, Lisdyarita, juga meramaikan acara dengan mencicipi sejumlah olahan pisang yang disajikan.

Wajahnya yang sumringah menggambarkan kelezatan olahan-olahan tersebut. Ia menyebutnya sebagai variasi baru yang luar biasa dalam pengolahan pisang.

“Dari pisang crispy egg roll, cake, hingga puding, semuanya memiliki cita rasa yang luar biasa. Saya merasa sangat kagum dengan kreativitas para ibu-ibu dalam mengolah pisang menjadi hidangan lezat," ujar Bunda Lisdyarita.

Lurah Surodikraman, Supatmi, mengungkapkan bahwa pemerintah setempat mengadopsi kegiatan ini dari Kabupaten Ponorogo dengan tujuan untuk mendukung perekonomian lokal.

Acara ini juga berperan dalam mengangkat potensi ekonomi di wilayah tersebut, khususnya dalam sektor pengolahan dan penjualan pisang.

Baca juga:
Ayam Ukep Gepuk Sambal Ijo Banyuwangi di Tulangan Sidoarjo, Pedasnya Nagih

Di samping memperkenalkan variasi olahan pisang, Banana Creative Pisang juga memberikan manfaat ekonomi yang positif bagi kelurahan tersebut.

Pisang yang sebelumnya dijual tanpa diolah, kini diolah menjadi berbagai produk yang memiliki nilai tambah, sehingga mampu meningkatkan nilai jualnya.

“Hal ini memberikan peluang bagi para penghasil pisang di Kelurahan Surodikraman untuk meningkatkan pendapatan warga,” jelas Suptmi.

Baca juga:
Mencicipi Gurih Pedasnya Bekicot Rica-rica di Lamongan

Acara tersebut tidak hanya memberikan kesempatan bagi warga untuk menikmati ragam olahan pisang, tetapi juga memberikan 550 cup kolak pisang secara gratis kepada warga yang hadir.

Inisiatif seperti ini membantu membangun rasa kebersamaan dalam komunitas dan semakin memperkaya citra pisang sebagai salah satu produk unggulan daerah.

Banana Creative Pisang di Ponorogo telah memperlihatkan betapa kreatifnya masyarakat dalam mengolah bahan lokal menjadi produk yang bernilai. Selain menciptakan hidangan lezat, acara ini turut menginspirasi ekonomi lokal dan mempromosikan keunikan produk daerah.