Pixel Codejatimnow.com

9 Desa Digital dan Akses Internet 3 Wilayah Blankspot di Sidoarjo, Ini Datanya

Editor : Zaki Zubaidi  Reporter : Ahaddiini HM
Grand Launching Desa Digital dan Akses Desa Jaringan Blankspot. (Foto: Kominfo Sidoarjo for jatimnow.com)
Grand Launching Desa Digital dan Akses Desa Jaringan Blankspot. (Foto: Kominfo Sidoarjo for jatimnow.com)

jatimnow.com - Pemerintah Kabupaten Sidoarjo meresmikan peluncuran dua inisiatif inovatif yang bertujuan untuk mengakselerasi transformasi digital di desa dan daerah terpencil. Yaitu 9 desa digital dan akses jaringan internet di 3 wilayah blankspot.

Bupati Sidoarjo H. Ahmad Muhdlor Ali (Gus Muhdlor) mengatakan upaya ini merupakan keseriusan Pemerintah Kabupaten Sidoarjo untuk pemerataan aksesibilitas daerah perikanan, pembangunan infrastruktur, serta sarana pendidikan.

"Program desa digital ini akan menjadi langkah awal Kabupaten Sidoarjo agar masyarakat tidak buta akan perkembangan zaman yakni digital,” ujarnya di sela-sela Grand Launching Desa Digital dan Akses Desa Jaringan Blankspot di Pendopo Delta Wibawa pada Rabu (23/8/2023).

Gus Muhdlor menambahkan adanya perluasan jaringan internet di wilayah blankspot dapat dimanfaatkan oleh masyarakat desa untuk mengakses internet, pembelajaran jarak jauh dan pemasaran produk UMKM secara online.

"Tahun lalu, kita juga ada program akses jaringan internet di wilayah blankspot yaitu di desa Kali Alo, Tlocor, dan Tanjungsari. Sedangkan program tahun 2023 ini juga ada 3 wilayah yang mendapat akses jaringan internet yaitu di Kalikajang, Kepetingan, Pucukan yang diantaranya merupakan penghasil devisa," tambahnya.

Melalui sambutannya, Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Desa PDTT) Abdul Halim Iskandar berpesan agar aplikasi-aplikasi pemerintah yang digunakan dalam pelayanan di integrasikan menjadi satu aplikasi.

Baca juga:
Pemkab Sidoarjo Serahkan Sapi Kurban 1 Ton, Plt Bupati Sampaikan Pesan Ini

"Coba integrasikan aplikasi-aplikasi yang ada karena banyak sekali aplikasi dari berbagai lembaga atau instansi dari pemerintah daerah hingga pemerintah pusat yang digunakan oleh masyarakat," ucapnya.

Plt. Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Sidoarjo, Didik Triwahyudi menyebutkan 9 desa digital di Sidoarjo diantaranya, Desa Waru Kecamatan Waru, Desa Tambak Kalisogo Kecamatan Jabon, Desa Kedungrejo Kecamatan Jabon, Desa Glagaharum Kecamatan Porong, Desa Pangreh Kecamatan Jabon, Desa Blurukidul Kecamatan Sidoarjo, Desa Kupang Kecamatan Jabon, Desa Dukuhsari Kecamatan Jabon, dan Desa Kedungcangkring, Kecamatan Jabon.

"Kesembilan desa digital ini yang kami luncurkan pada program tahun 2023 ini, nantinya diharapkan akan bertambah lagi desa-desa digital yang lainnya," jelasnya.

Baca juga:
Pemkab Sidoarjo Pertahankan WTP 11 Kali Berturut-turut

Sedangkan 3 wilayah blankspot yang mendapatkan akses jaringan internet yaitu di Dusun Kalikajang dan Dusun Pucukan Kelurahan Gebang Kecamatan Sidoarjo, serta Dusun Kepetingan Desa Sawohan Kecamatan Buduran.

"Dengan akses yang lebih baik ini, diharapkan masyarakat di daerah tersebut dapat terhubung dengan dunia digital, membuka peluang baru, serta meningkatkan pertumbuhan ekonomi lokal," tutupnya.