Pixel Codejatimnow.com

Sispamkota Gelar Simulasi Uji Kesiapan Personel Gabungan

Editor : Endang Pergiwati  Reporter : Ahmad Fauzani
Sispamkota di Mapolres Madiun (Humas Polres Madiun for jatimnow.com))
Sispamkota di Mapolres Madiun (Humas Polres Madiun for jatimnow.com))

jatimnow.com - Dalam rangka memastikan kesiapan anggota menjelang Pemilu 2024, Polres Madiun telah menggelar latihan Sistem Pengamanan Kota (Sispamkota).

Latihan ini bertujuan untuk menguji kesiapan personel Polres dalam mengatasi segala potensi gangguan dan kerawanan selama proses Pemilihan Umum.

Dalam simulasi yang dilaksanakan di kompleks Lapangan Tribrata Polres Madiun, berbagai pihak terlibat, termasuk TNI-Polri, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Madiun, Dinas Perhubungan (Dishub), Linmas, Satuan Polisi Praja (Satpol PP) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Madiun.

Simulasi tersebut melibatkan skenario dari tahapan aman hingga situasi rawan dan kerusuhan yang mengganggu keamanan dan ketertiban masyarakat.

Kegiatan ini juga mencakup aksi unjuk rasa yang berujung pada kericuhan serta aksi penjarahan oleh kelompok yang tidak bertanggungjawab. Namun, berkat kerja sama aparat gabungan, situasi gangguan dapat dikuasai dan massa dapat dibubarkan dengan aman.

Baca juga:
1300 Personel Gabungan Ikuti Simulasi Pengamanan Pemilu 2024 di Kediri

Kapolres Madiun, AKBP Anton Prasetyo, bersama Forkopimda sekowil V Madiun melihat langsung sispamkota ini. Dia menjelaskan bahwa simulasi ini merupakan upaya untuk memastikan bahwa personel Polri, TNI, dan stakeholder lainnya siap mengamankan proses politik tahun depan.

Ia menyatakan bahwa kegiatan ini membantu mendeteksi potensi kerawanan yang ada di Kabupaten Madiun, sehingga pengamanan pemilu dapat dilakukan lebih efektif.

"Kami ingin menunjukkan kepada publik bahwa Polri, bekerja sama dengan TNI dan stakeholder lainnya, siap untuk menjalankan tugas pengamanan selama tahapan Pemilu tahun depan," ujar AKBP Anton, Kamis (31/8/2023).

Baca juga:
Polisi Bentrok di Alun-alun Bojonegoro, Ada Apa?

Danrem 081/Dhirotsaha Jaya, Kolonel Inf H. Sugiyono, menegaskan bahwa pelaksanaan Sispamkota ini akan mendukung suksesnya pelaksanaan Pemilu 2024 dengan mengantisipasi potensi kerawanan, terutama di wilayah korwil V Madiun.

“Dengan latihan Sispamkota ini, diharapkan semua pihak terkait dapat lebih siap dan terlatih menghadapi segala kemungkinan yang mungkin terjadi selama periode politik penting ini,” pungkasnya.