Pixel Codejatimnow.com

RS Apung milik PDIP Bersandar di Lamongan, Layanan Kesehatan Gratis untuk Warga Daerah Terpencil

Editor : Endang Pergiwati  Reporter : Adyad Ammy Iffansah
RS Apung milik PDIP saat memberikan layanan kesehatan kepada warga pesisir Kabupaten Lamongan. (Foto : Adyad Ammy Iffansah/jatimnow.com)
RS Apung milik PDIP saat memberikan layanan kesehatan kepada warga pesisir Kabupaten Lamongan. (Foto : Adyad Ammy Iffansah/jatimnow.com)

jatimnow.com - Kehadiran Rumah Sakit (RS) Apung Laksamana Malahayati di pesisir Lamongan disambut antusias warga.

Bersandarnya RS milik Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) ini dapat memberikan layanan kesehatan secara gratis di tengah puncak El-Nino yang mulai berdampak pada kesehatan.

Kesempatan berobat gratis ini yang digelar di Pelabuhan Angkutan Sungai Danau dan Penyebrangan (ASDP) tersebut tak disia-siakan oleh para warga, meski sebagian hanya datang untuk sekedar konsultasi atau periksa kondisi tubuh.

Warga yang datang di antaranya berasal dari Kecamatan Paciran dan Brondong, ini selaras dengan tujuan dihadirkannya layanan RS Apung.

"Misi Rumah Sakit Apung Laksamana Malahayati, sesuai perintah Ketua Umum PDI Perjuangan, Ibu Megawati Soekranoputri, agar kita memberikan pelayanan kesehatan kepada warga hingga pulau-pulau terpencil di wilayah Indonesia," kata Ketua Tim Medis RS Terapung Laksamana Malahayati, dr. Januar Sahat, Sabtu (16/9/2023).

Baca juga:
Sosialisasikan Larangan Tenaga Kerja Anak, AOI Adakan Ceria Story Telling di Lamongan

Diterangkan dr. Januar, warga berobat didominasi kalangan anak-anak yang mengalami batuk, pilek dan demam.

"Untuk yang lansia kebanyakan mengeluhkan pegal-pegal, kolestorel, asam urat dan kesemutan," ujarnya.

Untuk keperluan pengobatan, rumah sakit kapal ini dilengkapi dengan tenaga medis yang kompeten, serta alat dan obat-obatan yang memadai.

Baca juga:
Geliat Petani Millenial di Lamongan

"Tim kita ada 2 dokter, 2 perawat, 2 bidan, 1 dokumentasi dan 1 Aspri saya," kata dr Januar. Juga tambahan 1 dokter dari DPC PDI Perjuangan Lamongan.

Untuk diketahui, rumah sakit kapal milik PDI Perjuangan ini mulai menjelajah perairan nusantara setelah diluncurkan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri pada pertengahan Juni 2023.

Dari satu wilayah ke wilayah lainnya, RS Apung Laksamana Malahayati memberikan pelayanan kesehatan secara gratis kepada warga di kawasan pesisir yang disinggahi.

Pasar Buah Banyakan Terancam Proyek Jalan Tol Kediri-Kertosono
Peristiwa

Pasar Buah Banyakan Terancam Proyek Jalan Tol Kediri-Kertosono

“Kalau pas panen potensinya luar biasa, 75 pedagang full semua, pengirimannya bisa luar Kediri, luar Jawa Timur, bahkan sampai luar Jawa. Nah melihat potensi itu, jika nantinya ini akan dipakai pengembangan harus ada pengganti,” ujar Tutik Purwaningsih.