Pixel Codejatimnow.com

8 Arahan Kakanwil Kemenkumham Jatim pada Seluruh UPT Jajaran Jelang Akhir Tahun

Editor : Endang Pergiwati  
Kakanwil Kemenkumham Jatim Heni Yuwono memberikan evaluasi dan arahan tugas serta strategi optimalisasi kinerja kepada kepala UPT dan pejabat struktural kanwil. (Humas Kemenkumham Jatim)
Kakanwil Kemenkumham Jatim Heni Yuwono memberikan evaluasi dan arahan tugas serta strategi optimalisasi kinerja kepada kepala UPT dan pejabat struktural kanwil. (Humas Kemenkumham Jatim)

jatimnow.com - Kakanwil Kemenkumham Jatim Heni Yuwono langsung gas pol usai melantik 131 pejabat administrator hari ini (17/10).

Mantan Sekretaris Dirjen Pemasyarakatan itu langsung memberikan evaluasi dan arahan tugas serta strategi optimalisasi kinerja kepada kepala UPT dan pejabat struktural kanwil serta jajaran jelang akhir tahun 2023.

"Setidaknya ada delapan hal yang harus diperhatikan para kepala UPT baik lapas, rutan, imigrasi, rupbasan, bapas dan BHP untuk mengoptimalkan capaian kinerja kita hingga akhir tahun 2023 ini," ujar Heni membuka arahannya.

Pertama, Heni menekankan pentingnya peningkatan pelayanan publik jelang akhir tahun.

"Di akhir tahun, tren kebutuhan masyarakat terkait pelayanan publik pasti meningkat, hal ini harus diantisipasi dengan memberikan pelayanan yang prima," tegasnya.

Selain itu, pelayanan yang prima harus ditunjang dengan aspek administrasi yang baik.

"Karena kita adalah birokrat, menjadi kewajiban kita untuk lengkap administrasi kinerja, keuangan, BMN, dan lainnya," terangnya.

Baca juga:
25 Narapidana Budha di Jatim Dapat Remisi Khusus Waisak

Selain itu, Heni juga menekankan peningkatan kewaspadaan jelang akhir tahun. Yaitu dengan menciptakan kondiai aman di seluruh UPT.

"Kita harus siaga dan tanggap bencana, karena saat ini sudah masuk pancaroba," tuturnya.

Dari sisi keimigrasian, Heni berpesan kepada jajarannya untuk mengoptimalkan deteksi dini terhadap potensi tindak pidana perdagangan orang (TPPO) dan Pengawasan Orang Asing.

"Komunikasi, sinergi dan kolaborasi harus ditekankan dalam setiap pelaksanaan tugas, bahwa kita di jalur yang sama, yaitu Kemenkumham yang semakin BerAKHLAK, PASTI dan HEBAT," tegasnya.

Baca juga:
Warga Bisa Request Paspor Dikirim Via Pos di Kantor Imigrasi Malang

Terakhir, Heni mewanti-wanti agar jajarannya bersikap netral pada Pemilu 2024.

"Buat laporan atensi pimpinan pada kesempatan pertama setiap ada kejadian menonjol," tegasnya.

Kegiatan yang digelar di Ballroom Hotel JW Mariott Surabaya itu juga diisi dengan evaluasi dan paparan strategi optimalisasi kinerja dari para kepala divisi, di antaranya Kadiv Keimigrasian Herdaus, Kadiv Pemasyarakatan Asep Sutandar, Kadiv Yankumham Nur Ichwan dan Kadiv Administrasi Saefur Rochim bergantian memaparkan capaian kinerja, evaluasi dan strategi optimalisasi kinerja pada akhir tahun.