Pixel Codejatimnow.com

Gudang Belum Siap, KPU Tulungagung Gunakan Tempat Seadanya untuk Penyimpanan Logistik Pemilu

Editor : Endang Pergiwati  Reporter : Bramanta Pamungkas
Petugas membersihkan gudang di KPU Tulungagung. (Foto: Bramanta Pamungkas/jatimnow.com)
Petugas membersihkan gudang di KPU Tulungagung. (Foto: Bramanta Pamungkas/jatimnow.com)

jatimnow.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tulungagung dijadwalkan menerima logistik Pemilu 2024 minggu depan.

Namun, saat ini pihaknya terkendala tidak adanya ruang dan tempat penyimpanan yang representatif. Rencana menyewa gudang milik Bulog pun belum dapat terealisasi.

Untuk sementara, pihak KPU menggunakan gudang kantor untuk penyimpanan logistik.

Ketua KPU Kabupaten Tulungagung, Susanah mengatakan, mereka menerima logistik Pemilu 2024 tahap pertama pada minggu depan.

Logistik yang dikirim di tahap pertama ini berupa segel kertas sebanyak 317.765 lembar, kotak suara 16.563 buah, bilik suara 13.220 buah, segel plastik 85.930 buah dan tinta pemilu sebanyak 6.610 botol.

“Logistik akan dikirim secara bertahap. Tapi untuk tahap awal kami mendapatkan beberapa logistik seperti bilik suara hingga botol tinta,” ujarnya, Sabtu (28/10/2023).

Meski begitu, pihak KPU masih kebingungan untuk menempatkan logistik Pemilu 2024. Pasalnya, sampai saat ini pembangunan gudang KPU Kabupaten Tulungagung belum selesai.

Baca juga:
Pendaftaran Pantarlih Tulungagung Dibuka Hari ini, Apa Sih Tugasnya?

Proyek pembangunan gudang KPU Kabupaten Tulungagung berasal dari APBD dengan nilai mencapai Rp960 juta. Diperkirakan proses pembangunan gudang akan selesai pada akhir 2023 mendatang.

"Rencananya pembangunan gudang selesai Desember 2023. Tapi kami juga belum bisa memastikan, apakah pada saat ini bisa langsung digunakan. Mengingat gudang juga memerlukan fasilitas pendukung,” terangnya.

Sebenarnya Susanah telah berencana untuk menyewa gudang milik Bulog yang berada di Desa Pulosari, Kecamatan Ngunut, Kabupaten Tulungagung. Akan tetapi, rencana tersebut terancam gagal, karena harus menunggu izin dari Bulog pusat.

Baca juga:
813 Anggota PPS di Tulungagung Dilantik, Ini Tugas Pertamanya

“Memang awalnya kami berencana untuk menyewa gudang Bulog untuk menyimpan logitik Pemilu 2024. Tapi untuk bisa menggunakan gudang Bulog, masih harus menunggu izin prinsip dari pusat,” paparnya.

Maka dari itu, Susanah akan memaksimalkan ruang di KPU Kabupaten Tulungagung untuk menjadi tempat penyimpanan logistik Pemilu 2024. Dimana ada gudang kecil yang berada di samping Kantor KPU Kabupaten Tulungagung yang akan menjadi tempat penyimpanan logistik.

“Kami sudah bersihkan ruang untuk menjadi gudang semenatara penyimpanan logistik Pemilu 2024. Sementara kami akan memaksimalkan ruang yang ada, sembari menunggu proses selanjutnya,” pungkasnya.