jatimnow.com

Truk Angkut Elpiji Tabrak Kereta Api di Banyuwangi, 1 Tewas dan 2 Luka

Reporter : Erwin Yohanes
Lokasi kejadian tabrakan 🔍
Lokasi kejadian tabrakan

jatimnow.com - Kecelakaan antara truk pengangkut elpiji dan Kereta Api (KA) Mutiara Timur siang terjadi di perlintasan rel kereta api (KA) tanpa pintu di Tegalmojo, Desa Gumirih Kecamatan Singojuruh, Banyuwangi, Jumat (31/8/2018).

Dari kronologi kejadian, diduga truk pengangkut tabung elpiji tidak memperhatikan rambu-rambu perlintasan KA.

Kanit Laka Satlantas Polres Banyuwangi, Ipda Ardhi menjelaskan, dari kecelakaan itu mengakibatkan tiga orang korban. Satu korban meninggal dunia dan dua lainnya luka berat.

Loading...

"Korban meninggal dunia atas nama Takim (35), asal Kelurahan Singotrunan. Dua korban luka berat yakni Krisna (55), warga Wongsorejo dan Yogi (30) warga Songgon," ujarnya.

Baca juga: Truk Pengangkut Elpiji Tabrak Kereta Api di Banyuwangi

Kecelakaan bermula saat truk pengangkut elpiji yang dikemudikan Krisna, meluncur dari Timur ke Barat dengan penumpang Takim (sales) duduk dipinggir paling kiri dan Yogi (kernet), duduk di tengah.

Kemudian saat akan melewati lokasi kejadian, diperkirakan sopir tidak memperhatikan rambu-rambu dan lampu peringatan.

"Sesampai di TKP tertabrak KA Mutiara Timur yang berjalan dari arah Selatan ke Utara atau dari arah Surabata menuju Banyuwangi," ungkapnya.

Akibatnya, truk bernomor polisi P 9190 UV rusak berat. Tabung elpiji juga berserakan di lokasi kejadian. Bahkan, lokomotif KA Mutiara Timur juga ringsek. Para korban langsung dilarikan ke Puskesmas terdekat.

"Dua korban luka berat masih dirawat di Puskesmas Singojuruh," tambahnya.

Peristiwa itu juga membuat KA Mutiara Timur siang berhenti luar biasa di Km 64+100 antara Stasiun Temuguruh-Singojuruh. Selain itu kereta api tidak bisa melanjutkan perjalanan karena lokomotif mengalami kerusakan.

"Diganti dengan lokomotif pengganti dari depo lokomotif Banyuwangi," tandas Manajer Humas PT KAI Daop 9 Jember, Lukman Arif.

Reporter: Irul Hamdani
Editor: Erwin Yohanes

Loading...