KPU Tulungagung Bakal Lelang 3.680 Kotak Suara Berbahan Aluminium

Editor: Arif Ardianto / Reporter:

komisioner KPU menunjukkan kotak suara yang akan dilelang

jatimnow.com - Ribuan kotak suara yang digunakan dalam pelaksanaan pilkada serentak tahun ini, bakal dilelang oleh Komisi Pemiliham Umum (KPU) Kabupaten Tulungagung. Kotak suara berbahan aluminium ini akan dihapus dari daftar inventaris KPU dan dilelang.

Koordinator Divisi Logistik KPU Tulungagung,Victor Febrihandoko menjelaskan, mulai April 2018 pihak KPU telah menerima surat dari sekretaris jendral KPU RI tentang penghapusan perlengkapan pemungutan suara berupa kotak suara berbahan aluminium.

"Kita mulai April sudah menerima surat dari KPU RI terkait penghapusan logistik pemilihan dalam persiapan pemilu 2019," ujarnya.

Victor menambahkan, tentang petunjuk penghapusannya, sudah ada dari KPU RI. Pihak KPU akan mengirimkan surat permohonan persetujuan penghapusan ke sekjen KPU RI kemudian pihak KPU tinggal menunggu balasan dari KPU RI.

"Apabila disetujui penghapusannya, kita akan menindaklanjuti ke kantor pelayanan kekayaan negara dan lelang (KPKNL) di Malang," jelasnya.

Total terdapat 3.680 kotak suara yang saat ini disimpan di gudang milik  KPU. Secara umum  kondisi kotak suara  tersebut masih bagus dan layak pakai. Pihak KPU sendiri belum melakukan survey harga kotak suara di pasar.

"Setelah kita melakukan pendataan kembali stok yang ada, kemudian kita timbang yang selanjutnya kita survey harganya," imbuhnya.

Victor juga menambahkan, dalam pemilu 2019 nantinya kotak suara yang digunakan akan berubah dan mengandung unsur transparan. Kotak suara tersebut terbuat dari kardus dan bersifat sekali pakai.

Untuk kebutuhan kotak suara yang digunakan, Kabupaten Tulungagung ada sekitar 3.768 tempat pemungutan suara (TPS) yang tersebar di 19 kecamatan. Dimana setiap TPS membutuhkan sedikitnya 5 kotak suara, sehingga total kotak suara yang dibutuhkan sebanyak 18.840 kotak suara.

Reporter : Wanda R Putri

Editor: Arif Ardianto


jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter