Mengolah Hama Jadi Makanan Lezat

Editor: Arif Ardianto / Reporter: Mita Kusuma

Tongseng keong mas hasil masakan siswa SMK di Ponorogo

jatimnow.com - Bagi petani Keong Mas atau keong racun merupakan hama yang harus dibasmi. Petani bisa mengalami gagal panen jika terserang hewan bercangkang ini.

Namun di tangan sejumlah siswa SMK Pemda Ponorogo, keong racun diubah menjadi menu tongseng. Lalu dijual di restaurant milik SMK setempat. Hasilnya, Keong Mas menjadi menu andalan karena kenyal, lezat dan kaya protein.

Menu ini hadir dari keprihatinan siswa dan guru. Karena serangan hama keong mas yang menyebabkan petani di Ponorogo gagal panen. Para guru dan siswa melakukan penelitian hingga 2 tahun lamanya.

Akhirnya ditemukan menu makanann olahan tongseng keong ini. Caranya pun sederhana. Yakni keong dari sawah disimpan sehari semalam. Selanjutnya keong dicuci bersih dan direbus. Daging keong dikeluarkan dari cangkangnya.

Selanjutnya diambil empedu dan kotoran keong. Karena empedu dan kotoran keong ini sumber dari racun. Setelah racun terbuang, daging keong kembali dicuci bersih dan siap diolah.

Sementara untuk bumbunya, hanya bawang merah, bawang putih, jahe, gula, garam, kemiri dan cabe. Semua bumbu ditumbuk halus, kemudian digoreng. Baru ketika harum, daging keong dimasukkan dan diaduk hingga meresap. Sebagi pelengkap, diberi kecap.

"Rasanya enak. Seperti kerang laut. Ada gurih kenyal-kenyal bagaimana gitu. Ya ini membantu kami petani," kata Wahyudi salah satu petani.

Sementara, salah satu siswa, Eva Agustin, menjelaskan, memang berawal dari keprihatinan. Akhirnya tercipta makanan yang kenyal gurih dan bergizi.

"Rasanya enak dan bergizi," klaimnya.

Reporter: Mita Kusuma
Editor: Arif Ardianto


jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter