Pixel Codejatimnow.com

KPU Lamongan Baru Terima 1.400 Kotak Suara, Padahal Butuh 20.819

Editor : Zaki Zubaidi  Reporter : Adyad Ammy Iffansah
Pembongkaran logistik Pemilu 2024 oleh KPU Lamongan. (Foto : Adyad Ammy Iffansah/jatimnow.com)
Pembongkaran logistik Pemilu 2024 oleh KPU Lamongan. (Foto : Adyad Ammy Iffansah/jatimnow.com)

jatimnow.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lamongan baru menerima 1.400 kotak suara dari jumlah total kebutuhan sebanyak 20.819 kotak suara.

Sekertaris KPU Lamongan, M Yasir menyebut keperluan logistik Pemilu 2024 sudah mendekati lengkap, seperti tinta, ATK, alat coblos, serta bilik suara. Tinggal menunggu sebagian item yang jumlahnya masih kurang.

Salah satu logistik yang diketahui masih jauh dari kebutuhan adalah kotak suara yang hanya 1,5 persen dari jumlah total kebutuhan.

"Kotak suara sudah datang tapi masih kurang 19.419 kotak suara, rencananya datang bertahap semoga bisa cepat agar tidak mepet dan kami punya cukup waktu untuk bersiap," ungkap M. Yasir, Selasa (5/12/2023).

Baca juga:
Jumlah Petugas Pemilu yang Sakit di Tulungagung Turun Dibanding 2019

Bersamaan dengan itu, M. Yasir mengabarkan bila surat suara akan mulai distribusikan dan untuk Lamongan dijadwalkan akan tiba pada awal Januari 2024.

"Kalau untuk surat suara sekarang infonya masih dalam proses cetak, menurut jadwal untuk Lamongan tiba pada Januari 2024," ujarnya.

Baca juga:
KPU Trenggalek Verifikasi 39 Petugas Pemilu yang Dilaporkan Sakit

Untuk tempat penyimpanan dan sortir logistik rusak, KPU Lamongan menyewa 1 unit gudang milik Bulog yang terletak di jalan nasional Lamongan - Babat tepatnya di Desa Sukorejo, Kecamatan/Kabupaten Lamongan.

"Kalau gudang yang dulu ditengah kota, tapi sudah ditempati. Jadi ya sewa di Bulog, di sana penjagaan 24 jam oleh KPU Lamongan," bebernya.