Pixel Codejatimnow.com

Plt Kepala Kanwil Kemenkumham Jatim Serahkan 2 Sertifikat IG ke Bupati Pasuruan

Editor : Zaki Zubaidi  Reporter : Haryo Agus
Plt Kepala Kanwil Kemenkumham Jatim, Saefur Rochim, saat menyerahkan sertifikat ke Bupati Pasuruan, Irsyad Yusuf (Foto: Humas Kemenkumham Jatim)
Plt Kepala Kanwil Kemenkumham Jatim, Saefur Rochim, saat menyerahkan sertifikat ke Bupati Pasuruan, Irsyad Yusuf (Foto: Humas Kemenkumham Jatim)

jatimnow.com - Plt Kepala Kanwil Kemenkumham Jatim, Saefur Rochim, menyerahkan 2 Sertifikat Indikasi Geografis (IG) kepada Bupati Pasuruan, Irsyad Yusuf, Senin (18/9/2023). Sertifikat yang diberikan tersebut dengan nama Mangga Putar dan Kopi Arabika Arom Langit Pasuruan.

Kegiatan ini bertepatan dengan Upacara Hari Jadi Kabupaten Pasuruan ke-1094 yang berlangsung di Lapangan Pendopo Nyawiji Ngesthi Wenganing Gusti. Rochim mengatakan, baik mangga putar maupun kopi arom langit punya ciri khas tersendiri, sehingga bisa tercatat sebagai produk indikasi geografis.

Menurut dia keseriusan Pemkab Pasuruan dalam perlindungan Kekayaan Intelektual ditunjukkan dengan adanya Sertifikat IG tersebut.

"Pemanfaatan Indikasi Geografis yang dilakukan Kabupaten Pasuruan sangatlah tepat. Dan ini membuktikan kalau Pemkab Pasuruan melek terhadap kekayaan intelektual," tutur pria asal Tuban itu.

Dengan telah diterbitkannya sertifikat Indikasi Geografis, kata Rochim, daya saing kedua produk unggulan tersebut akan semakin meningkat dalam kancah perdagangan internasional.

Baca juga:
Kakanwil Kemenkumham Jatim Tegaskan Akan Terus Perbaiki Layanan Publik

"Semoga ini membawa berkah untuk Kabupaten Pasuruan," tuturnya.

Bupati Pasuruan dalam sambutannya mengaku sangat bahagia dengan penyerahan sertifikat IG tersebut.

Baca juga:
Kemenkumham Jatim Tegaskan Komitmen Berantas Pungli dan Gratifikasi

"Sebuah kebanggaan dan ini membuat kami semakin bersemangat untuk memetakan lebih banyak lagi potensi-potensi yang ada di Kabupaten Pasuruan," ucapnya.

Dalam upacara hari jadi Kabupaten Pasuruan tersebut dimeriahkan kegiatan teatrikal oleh anak-anak dengan memainkan berbagai permainan tradisional.