Pixel Codejatimnow.com

Kondisi Labuhan Perahu Dangkal, Nelayan Gresik Utara Curhat ke Bupati

Editor : Endang Pergiwati  Reporter : Sahlul Fahmi
Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani saat menggelar acara rembug akur bersama nelayan Gresik Urara. (Foto: Humas Pemkab Gresik for jatimnow.com)
Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani saat menggelar acara rembug akur bersama nelayan Gresik Urara. (Foto: Humas Pemkab Gresik for jatimnow.com)

jatimnow.com - Nelayan Gresik Utara curhat ke Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani, mengenai kondisi labuhan perahu di pantai atau Bengawan Solo sudah dangkal. Akibat kondisi itu, para nelayan mengeluh kesulitan melaut.

Curhatan tersebut disampaikan nelayan Gresik Utara kepada Gus Yani, sapaan akrab Bupati Gresik, saat mengikuti acara rembuh akur bersama nelayan Gresik Utara di Desa Randuboto, Kecamatan Sidayu, Gresik, Selasa (12/12/2023).

Mendapat curhatan seperti itu, Gus Yani, yang didampingi Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Gresik Moh. Nadlelah, langsung merespon dengan mengambil langkah cepat dengan berkoordinasi bersama pihak terkait.

"Kita telah berkoordinasi dengan seluruh pihak terkait termasuk kepala desa setempat untuk hal itu. Mudah-mudahan memberikan hasil yang baik untuk masyarakat, khususnya para nelayan." kata Gus Yani.

Dalam kesempatan ini, Gus Yani berpesan bahwa para nelayan tidak terlilit pinjaman online (pinjol). Menurutnya, ini menjadi salah satu problematika tersendiri yang harus diperhatikan dengan serius dalam rangka menciptakan nelayan mandiri dan berdaulat.

Baca juga:
Bupati Gresik Dukung Prabowo-Gibran, Sempat Ajukan Cuti ke Gubernur

"Tugas pemerintah adalah memperkuat jaminan sosial masyarakat. Jaminan kesehatan, sosial, bantuan sosial agar terhindar dari inflasi yang tinggi. Sehingga dapat menjadikan semua nelayan berdaulat dan mandiri," ujarnya.

Usai berdiskusi, Gus Yani kemudian menyerahkan sembako kepada 200 nelayan yang hadir serta memberikan hadiah lomba optimalisasi tempat pendaratan ikan dan tambatan perahu yang digelar Dinas Perikanan Kabupaten Gresik sejak bulan Agustus lalu.

Adapun pemenang lomba terdiri dari 6 pemenang, 3 juara utama dan 3 juara harapan. Juara I diberikan kepada TPI dan Tambatan Perahu Nelayan Banyu Urip, Juara II TPI dan Tambatan Perahu Pangkah Wetan, Juara III KUB Balai Sinar Mandiri, Harapan I TPI Pangkah Kulon, Harapan II Tambatan Perahu Nelayan Ngemboh, dan Harapan III KUB Balai PURBO dan Wonorejo.

Baca juga:
Bupati Gresik Dukung Prabowo-Gibran, PDIP Jatim: Keputusan Pahit Harus Diambil

Masing-masing pemenang akan diberikan sebuah trofi, sertifikat, dan hadiah uang tunai dengan nilai total Rp. 16.000.000,00. Saat memberikan hadiah, Gus Yani didampingi oleh Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Gresik Moh. Nadlelah, Forkopimcam Sidayu, dan Kepala Desa Randuboto Andhi Sulandra.

Acara ini juga dihadir Asisten II Setda Gresik Edy Hadisiswoyo, Camat Bungah Moh. Izzul Muttaqin dan perwakilan sponsorship dari Petro Oxo, Gresik Migas, dan PLN Gresik.

KPK Jebloskan Kepala BPPD Sidoarjo ke Tahanan
Peristiwa

KPK Jebloskan Kepala BPPD Sidoarjo ke Tahanan

"KPK menetapkan dan mengumukan satu orang pihak yang dapat diminta pertanggungjawaban secara hukum dengan status tersangka AS, Kepala BPPD Sidoarjo," kata Ali .