Pixel Codejatimnow.com

Liburan Nataru, Ini 7 Rekomendasi Destinasi Wisata di Sumenep

Editor : Zaki Zubaidi  Reporter : Ni'am Kurniawan
Pantai Sembilan di Sumenep. (Foto: Ni'am Kurniawan/jatimnow.com)
Pantai Sembilan di Sumenep. (Foto: Ni'am Kurniawan/jatimnow.com)

jatimnow.com - Mengisi waktu libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023-2024 tak perlu jauh-jauh keluar Jawa Timur. Di Kabupaten Sumenep juga ada. Bahkan selain wisata alam, Sumenep juga memiliki sederet wisata yang masih kental dengan nilai sejarahnya.

"Kami punya beberapa destinasi yang tidak hanya bahari saja, alam, heritage, wisata buatan, artinya komplet. Ini yang meyakinkan bahwa Sumenep destinasi tujuan wisata khususnya untuk masyarakat Jawa Timur,” kata Bupati Sumenep Ahmad Fauzi, Rabu (19/12/2023).

Berikut ini tujuh rekomendasi wisata alam di Sumenep yang cocok masuk list daftar berlibur bareng keluarga.

1. Gili Iyang

Gili Iyang. (Foto: Ni'am Kurniawan/jatimnow.com)Gili Iyang. (Foto: Ni'am Kurniawan/jatimnow.com)

Salah satu tujuan wisata andalan dari kabupaten Sumenep adalah pulau Gili Iyang yang menawarkan udara tersehat di dunia.

Keunikan Gili Iyang digadang memiliki kadar oksigen tertinggi kedua di dunia, setelah Yordania. Pulau ini juga memiliki objek wisata di sekitar pulau.

2. Gili Labak

Foto: Campa TourFoto: Campa Tour

Bagi wisatawan yang ingin melihat pemandangan bawah laut yang indah bisa berkunjung ke pulau Gili Labak. Pengunjung juga bisa merasakan sensasi diving untuk menikmati panorama bawah laut.

Ada beraneka ikan hias yang menghuni gugusan karang pulau itu. Pesona gili labak juga telah memikat para penggemar wisata bahari seperti snorkling.

3. Museum Keraton Sumenep

Tempat wisata ini bisa menjadi jujugan wisata keluarga untuk mengenalkan nilai sejarah kepada anak-anak.

Terletak di Jalan Dr Soetomo no 6 Sumenep, Museum ini buka setiap hari mulai pukul 07.00 WIB hingga 15.30 WIB.

4. Pulau Mamburit

Baca juga:
Liburan Murah, Seru-seruan Main River Tubing di Tirto Tani Djojo Kediri

Foto: FacebookFoto: Facebook

Pulau ini menyajikan keindahan bawah laut dengan ciri khas terumbu karang dan pasir putih. Pulau ini juga sangat cocok untuk aktivitas bawah laut seperti diving dan snorkeling.

Namun, butuh waktu lebih lama untuk melihat keindahan Pulau yang digadang mirip dengan wisata di Lombok maupun Bunaken.

Wisatawan harus melanjutkan perjalanan ke Pulau Kangean, sekitar 20 menit dari Sumenep. Ia menjadi salah satu pulau di antara 126 pulau di Sumenep.

5. Masjid Agung Sumenep

Foto: Indonesia.go,idFoto: Indonesia.go,id

Kabupaten Sumenep juga memiliki wisata religi yakni Masjid Agung Sumenep. Masjid megah identik berwarna kuning ini menjadi pusat wisata religi yang tak boleh dilewatkan.

Masjid ini memiliki sejarah ikon panjang Kabupaten Sumenep. Letaknya pun cukup mudah dijangkau lantaran berhadapan dengan alun-alun Kota Sumenep.

Baca juga:
Ingin Menikmati Libur Panjang di Swiss? Cobain Kalenan Sawahan Nganjuk

6. Pantai Sembilan

Foto: Humas Pemkab SumenepFoto: Humas Pemkab Sumenep

Pantai Sembilan berlokasi di Pulau Giligenting, Desa Bringsang, Sumenep. Di Pantai Sembilan, ada beragam wahana air yang bisa dicoba, seperti banana boat, kano, hingga snorkeling.

Jika datang dari kota Sumenep, akses masuknya bisa menuju Pelabuhan Tanjung. Kemudian, kamu bisa menyeberang ke Pelabuhan Desa Bringsang.

Pantai Sembilan ada di sebelah pelabuhan dan hanya berjarak sekitar 350 meter sehingga bisa ditempuh berjalan kaki.

7. Pantai Slopeng

Pantai Slopeng menjadi salah satu destinasi wisata keluarga yang menarik. Selain tempatnya yang eksotis dengan menawarkan pemandangan pasir putih, di tempat ini juga ada lokasi bermain air dan pasir pinggir pantai. Ombak di pantai ini juga cukup tenang sehingga dapat dinikmati keluarga yang ingin liburan akhir tahun.