Pixel Codejatimnow.com

Puncak Penumpang Libur Natal 2023 di Bandara Juanda Terjadi 22 Desember

Editor : Zaki Zubaidi  Reporter : Ahaddiini HM
Penumpang Bandara Internasional Juanda. (Foto: Humas Angkasa Pura Juanda for jatimnow.com)
Penumpang Bandara Internasional Juanda. (Foto: Humas Angkasa Pura Juanda for jatimnow.com)

jatimnow.com - Perkiraan puncak pergerakan pesawat dan penumpang libur Natal diperkirakan akan terjadi pada tanggal 22 Desember 2023. Dengan hitungan jumlah penumpang pesawat udara yang tiba dan pergi melalui Bandara Internasional Juanda.

"Pada hari itu sebanyak 56.391 pax yang terdiri dari rute domestik 46.089 pax dan rute internasional 10.302 pax. Sedangkan untuk libur tahun baru diprediksi terjadi pada tanggal 29 Desember 2023 dengan perkiraan pergerakan penumpang pesawat udara sebanyak 49.152 pax yang terdiri dari rute domestik 38.880 pax dan rute Internasional 10.272 pax," terang Sisyani Jaffar General Manager Bandar Udara Internasional Juanda, Selasa (19/12/2023).

Diterangkan, untuk pengajuan extra flight, pihak bandara telah menerima pengajuan dari enam maskapai dengan total 187 flight yang terdiri dari maskapai yakni Garuda Indonesia 24 flight, Citilink 48 flight, Air Asia 64 flight, Lion Air 39 flight, Batik 6 flight dan Nam Air 6 flight.

Rute extra flight pada pergerakan periode libur Natal dan tahun baru ini adalah Denpasar, Jakarta, Lombok, Beurau dan Pangkalanbun.

Baca juga:
Kemeriahan Perayaan Natal di Balai Kota, Bukti Toleransi Warga Surabaya

Menurut Sisyani, pada periode Posko Natal Tahun 2023 dan 2024 di Bandar Udara Internasional Juanda dibandingkan dengan periode Natal dan tahun baru sebelumnya, diprediksi terjadi kenaikan jumlah penumpang sebesar 35 % dan pergerakan pesawat sebesar 34 %.

"Jika dibandingkan dengan periode Posko Nataru tahun lalu, kami memperkirakan akan terjadi kenaikan jumlah pergerakan pesawat dan penumpang karena memang kondisi trafik saat ini sudah mulai mendekati kondisi normal seperti sebelum pandemi,” tutur Sisyani.

Baca juga:
Penumpang Bandara Juanda Meningkat hingga Identitas Mayat di Bangkalan Terungkap

"Puncak pergerakan penumpang yang kami prediksi terjadi pada tanggal 22 Desember 2023 dan 29 Desember 2003, tentunya sangat diperlukan langkah-langkah antisipasi antara lain dengan melakukan serangkaian koordinasi bersama dengan instansi-instansi terkait guna pemantapan pelayanan kepada pengguna jasa selama periode Posko. Hal ini untuk memastikan seluruh pengguna jasa bandara dapat melaksanakan perjalanan dengan aman, tertib, nyaman dan lancar,” tambahnya.