Pixel Codejatimnow.com

Kafe Rest Area Nol Kilometer Gresik Resmi Dilaunching

Editor : Endang Pergiwati  Reporter : Sahlul Fahmi
Seremoni pemotongan pita menandai launching kafe Rest Area Nol Kilometer Gresik. (Foto: Sahlul Fahmi/jatimnow.com)
Seremoni pemotongan pita menandai launching kafe Rest Area Nol Kilometer Gresik. (Foto: Sahlul Fahmi/jatimnow.com)

jatimnow.com - Kafe Rest Area Nol Kilometer di Desa Pandanan, Kecamatan Duduksampeyan, Kabupaten Gresik, resmi dilaunching. Pemotongan pita dilakukan oleh Asisten I Sekda Gresik, Suyono, didampingi Camat Duduksampeyan Dedy Hartadi dan Kepala Desa Pandanan, Suryadi, Jumat (22/12/2023).

Kepala Desa Pandanan, Suryadi mengungkapkan, ide awal Pemdes Pandanan membangun Kafe Rest Area Nol Kilometer yang dikelola PKK dan karang taruna ini sebagai tanda bagi pengendara yang melintas mengetahui batas antara Kabupaten Gresik dengan Kabupaten Lamongan.

"Pemdes Pandanan mengelola anggaran yang didapat untuk memberdayakan masyarakat yang dapat menghasilkan pemasukan. Keuntungan yang didapat nanti bisa digunakan untuk kegiatan lain," kata Suryadi.

Kafe Rest Area Nol Kilometer Gresik. (Foto: Sahlul Fahmi/jatimnow.com)Kafe Rest Area Nol Kilometer Gresik. (Foto: Sahlul Fahmi/jatimnow.com)

Menurut rencana, Kafe Rest Area Nol Kilometer ini ke depan akan dikembangkan lagi dengan bangunan baru di sebelahnya agar lebih ramai. Bahkan menurut Suryadi, untuk memanjakan pengunjung, nantinya akan dilengkapi dengan videotron.

Camat Duduksampeyan Dedy Hartadi, turut bangga dan mengapresiasi inovasi yang dilakukan Pemdes Pandanan yang dinilai jeli dalam memanfaatkan lahan strategis di perbatasan Gresik dan Lamongan.

"Ini sangat luar biasa. Pertama, mampu memberdayakan masyarakat karena dikelola oleh PKK dan karang taruna. Ini merupakan bentuk sinergi dan kolaborasi antara pemdes dan lembaga desa," ucap Dedy.

Dedy melanjutkan, dengan adanya Kafe Rest Area Nol Kilometer ini juga menyerap tenaga kerja bagi warga setempat. Dengan begitu keberadaan kafe ini, turut membantu pemerintah dalam menurunkan kemiskinan ekstrem.

Baca juga:
Viral Video Keranda Mayat Naik Pelaminan di Gresik, Begini Faktanya

"Kafe Rest Area Nol Kilometer ini sangat tepat sebagai tempat bersantai sambil ngopi dan menikmati kuliner. Viewnya juga bagus dan instagramable, apalagi di belakang kafe ada rel kereta api sehingga sesekali bisa menyaksikan kereta api lewat. Semoga ke depan makin berkembang," harap Dedy.

Sementara Asisten I Sekda Gresik, Suyono, mengaku, selama bertugas sebagai pejabat di Pemkab Gresik dirinya telah melakukan perjalanan di hampir seluruh desa dan kecamatan di Kabupaten Gresik termasuk di Pulau Bawean. Tapi Kafe Rest Area Nol Kilometer ini disebut sebagai terobosan yang bagus.

"Lokasi kafenya berada di jalan nasional yang memiliki arus lalu lintas padat. Cocok sebagai tempat rehat bagi pengendara yang melakukan perjalanan jauh. Sekedar saran, kalau nanti ada pengembangan dan penambahan ruang bisa juga disediakan kursi pijat untuk relaksasi bagi pengendara agar kembali bugar," ujar Suyono.

Kafe Rest Area Nol Kilometer Gresik. (Foto: Sahlul Fahmi/jatimnow.com)Kafe Rest Area Nol Kilometer Gresik. (Foto: Sahlul Fahmi/jatimnow.com)

Baca juga:
Wabup Gresik Dorong Anak-anak Berperan Aktif dalam Pembangunan Lewat Musrenbang

Rest Area Nol Kilometer ini berdiri di atas tambak aset desa. Bangunannya terdiri dari dua bangunan utama. Di sebelah timur bangunan dibuat dengan nuansa tradisional berbahan kayu dan bambu. Sementara di sebelah barat, bangunan dirancang dengan bentuk modern yang mengusung konsep minimalis berbahan logam.

Selain dua bangunan utama, ada 5 gazebo. Untuk 2 gazebo berdiri di antara bangunan utama, sedang 3 gazebo lagi berjajar di sebelah barat. Sebagai pemanis ada sebuah perahu yang disandarkan di dekat jembatan yang menjadi penghubung antara jalan menuju kafe. Keberadaan perahu ini semakin menambah kesan eksotik.

Pengunjung juga dimanjakan dengan berbagai macam minuman hangat maupun dingin mulai teh, kopi, jeruk, susu, sinom serta aneka macam jus buah segar seperti alpukat, jambu, mangga, melon, tomat, wortel dan buah naga,

Sedang untuk menu makanan, Kafe Rest Area Nol Kilometer menyajikan masakan seperti sambal wader, wader crispy, wader saus lada hitam, tumis wader, kelo kuning bandeng, kelo kuning kutuk, kelo kuning manyung, kotokan manyung dan kotokan pe, ketan bubuk dele, dan lain sebagainya.

KPK Jebloskan Kepala BPPD Sidoarjo ke Tahanan
Peristiwa

KPK Jebloskan Kepala BPPD Sidoarjo ke Tahanan

"KPK menetapkan dan mengumukan satu orang pihak yang dapat diminta pertanggungjawaban secara hukum dengan status tersangka AS, Kepala BPPD Sidoarjo," kata Ali .