Pixel Codejatimnow.com

Peringatan Hari Ibu, Gus Ipul Apresiasi Peran Penting Perempuan dalam Pembangunan

Editor : Endang Pergiwati  
Pemkot Pasuruan menggelar Peringatan Hari Ibu ke-95 tahun 2023 bertempat Gedung Gradhika Bhakti Praja. (Foto: Humas Pemkot Pasuruan for jatimnow.com)
Pemkot Pasuruan menggelar Peringatan Hari Ibu ke-95 tahun 2023 bertempat Gedung Gradhika Bhakti Praja. (Foto: Humas Pemkot Pasuruan for jatimnow.com)

jatimnow.com - Mengusung tema Perempuan Berdaya, Indonesia Maju, Pemerintah Kota (Pemkot) Pasuruan menggelar Peringatan Hari Ibu ke-95 tahun 2023 bertempat Gedung Gradhika Bhakti Praja pada Jumat (22/12/2023).

Wali Kota Pasuruan, Saifullah Yusuf mengingatkan pentingnya peran perempuan dalam derap pembangunan sejak Kongres Perempuan Pertama pada tahun 1928 lalu, yang menjadi tonggak perjuangan perempuan Indonesia.

"Kita bahagia sekali hari ini dapat berkumpul untuk merayakan Hari Ibu yang ke-95. Penguatan pemerintah terhadap kaum perempuan ini sudah dimulai tahun 1928, kalau ditarik ke belakang, ada Ibu Kartini dan banyak lagi tokoh-tokoh perempuan yang mana pada dasarnya perempuan Indonesia dipersiapkan dengan baik oleh para pendahulu," jelas Wali Kota yang biasa disebut Gus Ipul.

Gus Ipul mengungkapkan rasa syukur atas peran perempuan Indonesia yang semakin aktif dan berprestasi dalam berbagai bidang. Menurutnya, ini tidak lepas dari proses panjang dan perjuangan para pendahulu sehingga perempuan Indonesia dapat melibatkan diri di berbagai bidang.

"Perempuan saat ini sudah berkiprah dimana-mana, mari kita syukuri ini. Tentu ke depan, banyak panggung buat perempuan. Ibu-ibu dengan beragam pekerjaan ada yang menjadi Ketua TP PKK, Bupati, Gubernur, Kepala Dinas, Camat, Lurah, Pedagang, Pengusaha, dan profesi lain yang ditekuni oleh perempuan adalah hasil dari proses panjang yang sudah dipersiapkan dengan pendahulu," terangnya.

Gus Ipul menekankan bahwa perempuan yang telah mendapatkan posisi tertentu, bukan semata-mata hanya karena diberi hak khusus, namun itu karena kemampuan dan keahlian yang dimiliki oleh kaum perempuan.

Baca juga:
Respons Gus Ipul saat Dijuluki Makelar oleh Cak Imin

“Perempuan-perempuan yang saya pilih menjadi kepala perangkat daerah dalam hal ini, itu karena mereka punya kemampuan yang memadai, bukan karena rasa kasihan atau hak khusus. Ini yang harus disadari oleh kaum perempuan,” ucapnya.

Dalam proses pembangunan menuju Pasuruan Kota Madinah, Gus Ipul juga mengungkapkan Pemkot Pasuruan akan terus melibatkan peran serta perempuan untuk dapat berkontribusi di dalamnya.

“Saya dan Mas Adi selama ini telah berjuang sekuat tenaga dengan kewenangan dan anggaran yang ada telah memberikan tempat kepada kaum perempuan dalam mewujudkan Pasuruan Kota Madinah,” tegasnya.

Baca juga:
Gus Ipul Sindir Kepala Daerah dari PDI Perjuangan di Depan Khofifah

Melalui momentum Hari Ibu ini, Gus Ipul berharap dapat meningkatkan tekad dan semangat kaum perempuan untuk terus berkarya dan menjadi sumber inspirasi.

“Selamat untuk kaum perempuan yang hari ini telah memiliki kemampuan yang luar biasa. Banyak perempuan hebat di tingkat regional maupun nasional seperti Ibu Gubernur atau Ibu Menteri. Ini yang harus menjadi inspirasi kita semua,” tandasnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Wakil Wali Kota Pasuruan, Sekretaris Daerah Kota Pasuruan, Ketua TP PKK Kota Pasuruan, Ketua GOW Kota Pasuruan, Ketua DWP Kota Pasuruan, Para Istri Forkopimda, Kepala Perangkat Daerah, dan Kepala Perangkat Daerah, Ketua TP PKK Kelurahan Se-Kota Pasuruan, Anggota GOW Se-Kota Pasuruan, serta Ibu PEKKA dan Forum Puspa.

KPK Jebloskan Kepala BPPD Sidoarjo ke Tahanan
Peristiwa

KPK Jebloskan Kepala BPPD Sidoarjo ke Tahanan

"KPK menetapkan dan mengumukan satu orang pihak yang dapat diminta pertanggungjawaban secara hukum dengan status tersangka AS, Kepala BPPD Sidoarjo," kata Ali .