Pixel Codejatimnow.com

3 Juta Surat Suara Pemilu 2024 di Lamongan Mulai Disortir

Editor : Zaki Zubaidi  Reporter : Adyad Ammy Iffansah
Proses pelipatan dan penyortiran surat suara Pemili 2024 di Lamongan. (Foto: Adyad Ammy Iffansah/jatimnow.com)
Proses pelipatan dan penyortiran surat suara Pemili 2024 di Lamongan. (Foto: Adyad Ammy Iffansah/jatimnow.com)

jatimnow.com - Menjelang pelaksanaan Pemilu 2024, kelengkapan logistik di Lamongan perlahan mulai terpenuhi.

Terbaru, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lamongan telah menerima logistik berupa surat suara. Seluruh item logistik dipastilan lengkap hanya menunggu jumlah keseluruhan untuk surat suara.

Tercatat, sebanyak 3 jutaan surat suara untuk DPD RI, DPRD Kabupaten/Kota dan DPRD Provinsi yang telah diterima KPU Lamongan kini dilakukan pelipatan dan penyortiran.

Sekertaris KPU Lamongan, M. Yassir mengungkapkan logistik surat suara mulai diterima sejak Sabtu (23/12/2023) lalu hingga hari ini.

"Kedatangan surat suara ini bertahap, yang awalnya untuk DPRD kabupaten, kemudian DPD RI dan disusul DPR provinsi," katanya, Selasa (2/1/2024).

Untuk jumlahnya, Yassir merinci, DPRD kabupaten sebanyak 1.072.807, DPD RI 1.067.807, dan untuk DPR provinsi sebanyak 1.067.807.

Baca juga:
30 Petugas Pemilu di Jatim Meninggal, Sudah Terima Santunan dari KPU?

"Bagi surat suara yang sudah tiba tersebut, saat ini dilakukan pelipatan dan penyortiran. Proses pelipatan awal ini dilakukan untuk surat suara DPRD Kabupaten terlebih dahulu," bebernya.

Yassir menyebut hingga saat ini proses pelipatan dan penyortiran telah ditemukan puluhan surat suara rusak atau tidak layak, yang diakibatkan salah cetak.

"Untuk pelipatan awal, DPRD kabupaten sudah ditemukan puluhan hampir menyentuh seratus surat suara rusak," terangnya

Baca juga:
4 TPS di Lamongan Gelar Coblosan Ulang, Partisipasi Warga Turun Drastis

Yassir menjabarkan, jadwal kedatangan sampai proses sortir logistik tak menemui kendala. Ia berharap seluruh kelengkapan logistik bisa rampung tepat pada waktunya hingga nanti sampai proses distribusi ke kecamatan dan desa.

"Kalau kendala tidak ada, semua sesuai jadwal. Surat suara terakhir dijadwalkan datang pada pertengahan Januari 2024 mendatang," urainya.