Pixel Codejatimnow.com

Imigrasi Hadir di Mall Pelayanan Publik Kabupaten Pasuruan

Editor : Zaki Zubaidi  
(Foto: Humas Kemenkumham Jatim)
(Foto: Humas Kemenkumham Jatim)

jatimnow.com - Kanwil Kemenkumham Jatim terus berupaya mendekatkan pelayanan keimigrasian ke masyarakat. Salah satunya dengan membuka pelayanan keimigrasian di Mall Pelayanan Publik Kabupaten Pasuruan.

"Di daerah Pasuruan memang belum pernah ada kantor atau unit pelayanan keimigrasian," ujar Kakanwil Kemenkumham Jatim Heni Yuwono, Kamis (11/1/2024).

Kantor imigrasi terdekat, lanjut Heni, berada di Kota Malang (Kantor Imigrasi Kelas I Malang) atau Kabupaten Sidoarjo (Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Surabaya). Sehingga, jarak yang ditempuh masyarakat cukup jauh.

"Sebelumnya kami juga membuka unit pelayanan paspor dan unit kerja kantor imigrasi di Kabupaten dan Kota Probolinggo, tapi selama ini hanya sudah penuh untuk masyarakat Probolinggo saja," terang Heni.

Diharapkan, masyarakat di daerah Kabupaten dan Kota Pasuruan bisa semakin mudah dalam memanfaatkan pelayanan keimigrasian. Terutama pelayanan penerbitan atau penggantian paspor baru.

"Kami melihat animo masyarakat Pasuruan cukup tinggi, dan berupaya merespon dengan hadir lebih dekat," jelas Heni.

Baca juga:
3 Warga Binaan Kasus Terorisme Ucapkan Ikrar Setia NKRI di Lapas Kelas I Madiun

Salah satu langkah konkret adalah saat Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Malang Galih Priya Kartika Perdhana bersilaturahmi ke Pemkab Pasuruan hari ini. Diterima langsung oleh Sekretaris Daerah Pemkab Pasuruan Yudha Triwidya Sasongko.

Galih menyebutkan bahwa Kantor Imigrasi Kelas I TPI Malang memiliki semangat yang sama akan dibukanya layanan keimigrasian pada MPP Kab. Pasuruan. Menurutnya, langkah kolaboratif ini akan menimbulkan tanggapan positif bagi proses pelayanan publik di Kab. Pasuruan.

"Tentunya masyarakat akan semakin terbantu dan pasti akan senang karena pelayanan publik di Kabupaten Pasuruan akan semakin lengkap," terang Galih.

Baca juga:
Warga Binaan Lapas Surabaya Dilatih Budidaya Alpukat Aligator

Galih juga menyempatkan untuk meninjau lokasi layanan keimigrasian pada MPP Kab. Pasuruan. Dalam peninjuan tersebut terlihat bahwa infrasturuktur dan fasilitas yang ada di Mall Pelayanan Publik Kabupaten Pasuruan sudah lengkap dan siap.

"Hal ini tentu menambah semangat dan keinginan untuk lebih cepat merealisasikan hadirnya pelayanan keimigrasian di Kabupaten Pasuruan dan sekitarnya," tutup Galih.

KPK Jebloskan Kepala BPPD Sidoarjo ke Tahanan
Peristiwa

KPK Jebloskan Kepala BPPD Sidoarjo ke Tahanan

"KPK menetapkan dan mengumukan satu orang pihak yang dapat diminta pertanggungjawaban secara hukum dengan status tersangka AS, Kepala BPPD Sidoarjo," kata Ali .