Menangis Saat Temui Pedagang Pasar Pon, Ini Alasan Wabup Trenggalek


Wakil BupatTrenggalek Mochammad Nur Arifin

jatimnow.com - Pasar Pon di Trenggalek terbakar. Ratusan lapak pedagang hangus pada Sabtu (25/8/2018) dinihari. Wakil Bupati (Wabup) Mochammad Nur Arifin (27) yang mengunjungi pedagang sempat menangis.

Saat kebakaran terjadi, ia sedang di Amerika Serikat untuk menghadiri program Bloomberg-Harvard City Leadership Initiatives. Sedangkan bupati sedang menunaikan ibadah haji.

Begitu pulang ke Tanah Air, Nur Arifin yang biasa disapa Mas Ipin ini pun bergegas menemui para pedagang pada Rabu (29/8/2018). Malam sebelumnya, dia bertemu dengan perwakilan paguyuban pedagang pasar.



Ketika melihat pasar yang hangus dan menyisakan puing-puing, Wabup Mas Ipin yang juga Ketua KNPI Jatim ini sempat menangis saat dialog dengan pedagang yang kehilangan tempat usahanya.


 

"Saya tidak kuasa menahan air mata, sontak ibu-ibu yang semula tegar ikut menangis. Saya dipeluk dan memeluk mereka, bahkan merekamemberi saya tisu. Saya semakin merasa bersalah, bukannya membuat mereka tegar malah semakin haru," ungkap Wabup Mas Ipin saat memulai bincang-bincangnya dengan jatimnow.com, Jumat (7/9/2018) pagi.

Suami Novita Hardini ini ikut merasakan kesedihan yang dialami pedagang. Ia sangat bisa merasakan terpukulnya perasaan para pedagang. Wabup Mas Ipin menceritakan jika pernah mengalami kesedihan serupa. Saat itu orangtuanya tengah berusaha bangkit setelah melalui proses berliku yang panjang.


 

"Bukan tanpa alasan (menangis), ketika almarhum bapak saya punya kesempatan untuk perbaikan kehidupan dibidang ekonomi, setelah bertahun-tahun bekerja sebagai tukang becak, kuli serabutan dan sales panci. Kesempatan itu datang ketika bapak dan ibu menjual semua yang dipunya dan mengumpulkan tabungan untuk memiliki ruko di Pasar Krian beserta barang dagangan," ungkap dia.

Namun, nasib berkata lain. Ruko milik orangtuanya yang dibeli dari hasil menjual harta benda yang dipunya di Pasar Krian, Sidoarjo ludes terbakar sekitar Tahun 1997/1998.  Dia sempat syok dan sangat terpukul.

 



"Tapi nasib menguji orangtua saya saat Pasar Krian kebakaran. Seketika saya sakit dan tidak mampu menahan tangis, saya membayangkan bagaimana perasaan seluruh pedagang dan keluarganya," kata Wabup termuda se Indonesia ini.

Pengalaman pahit inilah yang menjadi spirit untuk menyelesaikan persoalan yang tengah dirasakan para pedagang.



"Hal ini yang memberikan saya energi yang berlipat untuk terus mengawal proses relokasi dan pembangunan pasar baru," tegas Mas Ipin yang akan dilantik sebagai Bupati Trenggalek pada Maret 2019.

Emil Dardak, Bupati Trenggalek yang sekarang  terpilih sebagai Wakil Gubernur Jatim mendampingi Khofifah Indar Parawansa.

Reporter/Editor: Budi Sugiharto

Tinggalkan Komentar

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter