Bandara Banyuwangi Siap Jadi Alternatif Saat Forum IMF- World Bank


FGD bersama Kemenpan RI, pihak maskapai dan Pemkab Banyuwangi

jatimnow.com - Direktur Komersial dan Pengembangan Bisnis Angkasa Pura II, Daan Achmad mengatakan, Bandara Banyuwangi sangat siap berkembang menjadi bandara internasional.

Alasannya, keberadaan Bandara Banyuwangi didukung oleh potensi pariwisata.

"Target kami 300 ribu penumpang karena di bulan ini saja sudah 250 lebih setiap harinya," papar Daan Achmad usai acara Forum Group Discussion (FGD) bersama Kemenpan RI, pihak maskapai dan Pemkab Banyuwangi di Ballroom El-Royale, Kamis (6/9/2018).

Baca juga: Bandara Banyuwangi Segera Buka Rute Penerbangan Internasional

Apalagi, kata dia, pada tanggal 12-14 Oktober 2018 dilaksanakan annual meeting IMF-World Bank Group di Bali, sehingga Bandara Banyuwangi siap menjadi bandara alternatif.

"Banyuwangi siap menjadi bandara alternatif," kata Daan.

Semenjak dikelola oleh PT Angkasa Pura II, lanjutnya, dari segi pertumbuhan, Bandara Banyuwangi cukup menjanjikan.

Baca juga: Pesawat Airbus Komersial Resmi Mendarat di Bandara Banyuwangi

Apalagi, menurutnya Kabupaten Banyuwangi  mempunyai potensi lebih dari bandara lain yang dikelola oleh pihaknya.

"Saya sering bandingkan Banyuwangi dengan bandara di Finlandia. Di Finlandia orang liat aurora iya kalau kelihatan, di Banyuwangi setiap malam orang bisa melihat blue fire. Itu harus dikembangkan," paparnya.

Maka dari itu, dia mengajak seluruh pihak untuk berkolaborasi mengembangkan ekosistem turis yang baik di Banyuwangi, sehingga memiliki dampak secara global.

"Banyuwangi punya potensi go global. Jadi orang ke Banyuwangi bukan karena bandaranya bagus tapi profiling daerahnya bagus," ungkapnya.

Baca juga: Bandara Banyuwangi Siap Sambut Peserta Annual Meeting IMF-World Bank

Sementara itu, dalam FGD tersebut hadir pula Kepala Disbudpar M Yanuar Bramuda, Kepala Bappeda Banyuwangi Suyanto Waspo Tondo, Kepala Bidang Aksesibilitas Kemenpar Andriyatno Rubenta Tarigan, Staf Khusus Menteri Pariwisata Bidang Infrastruktur Judi Rifajantoro.

Selain itu, Tenaga Ahli Menteri Pariwisata Bidang Aksesibilitas Udara Robert D. Waloni, EGM Commercial Service Division Dorma Manalu dan EGM Bandara Banyuwangi Anton Marthalius.

Reporter: Hafiluddin Ahmad 

Editor: Edwin Fajerial


jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter