Pixel Codejatimnow.com

UNUGIRI Bojonegoro Dukung Pemilu Damai, Respons Suhu Politik Kian Memanas

Editor : Endang Pergiwati  Reporter : Misbahul Munir
Puluhan mahasiswa Unugiri Bojonegoro saat menyerukan aksi pemilu damai (Foto: Misbahul Munir/jatimnow.com)
Puluhan mahasiswa Unugiri Bojonegoro saat menyerukan aksi pemilu damai (Foto: Misbahul Munir/jatimnow.com)

jatimnow.com - Mahasiswa Universitas Nahdlatul Ulama (Unugiri) Bojonegoro mengajak masyarakat bersama - sama mendukung Pemilu 2024 dapat terselenggara dengan damai.

Deklarasi ini juga merupakan respon dari situasi politik yang kian memprihatinkan terkait sikap Presiden Joko Widodo yang disinyalir berpihak kepada salah satu paslon capres-cawapres.

Deklarasi ini yang dipelopori oleh puluhan mahasiswa Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Unibersitas Nahdlatul Ulama (Unigiri) Bojonegoro ini juga menyatakan sikap untuk mendukung Pemilu 2024 berjalan damai dan sesuai dengan nilai-nilai demokrasi.

Komitmen tersebut ditandai dengan pembacaan deklarasi Pemilu Damai di Gedung Santoso Hardjosuwito Unugiri, Jalan Ahmad Yani, Kecamatan Bojonegoro Kota, pada Senin (5/2/2024).

Presiden BEM Unugiri Bojonegoro Ainul Yaqin mengatakan, bahwa pihaknya siap untuk bersinergi dengan semua pihak agar Pemilu 2024 dapat berjalan dengan damai, bebas politik uang, bebas politik SARA, menolak penyebaran berita hoax, provokasi, dan ujaran kebencian.

“Kami siap bekerja sama dengan seluruh elemen, untuk menjaga situasi Kambtibmas yang kondusif, aman, dan damai pada pelaksanaan Pemilu 2024 di Bojonegoro,” kata Yaqin.

Baca juga:
Video: Rekapitulasi Suara Tingkat Kecamatan di Lamongan Dikebut

Deklarasi pemilu damai ini, kata Yaqin, merupakan wujud kepedulian mahasiswa situasi pesta demokrasi di Indonesia yang belakangan mulai kian memanas.

"Harapannya, pemuda dapat lebih kritis dan tidak terjebak dalam situasi kemelut politik dan kami mengajak agar bersama menciptakan suasa pemilu 2024 yang damai dan menyenangkan," ucapnya.

"Kalau Pemilu berjalan tenang dan damai, masyarakat datang ke TPS tanpa khawatir. Bisa menggunakan haknya untuk menentukan pilihan,” tambahnya.

Baca juga:
30 Petugas Pemilu di Jatim Meninggal, Sudah Terima Santunan dari KPU?

Selain itu, BEM Unugiri juga berharap pada para kontestan Pemilu untuk dapat mengendalikan massa pendukungnya serta siap menerima apapun hasil akhir Pemilu 2024 esok.

“Kami harap para kontestan ini sudah siap mental untuk menerima apapun hasil Pemilu 2024, semoga pemilu tahun ini dapat berjalan bersih, jujur dan berkeadilan,” pungkasnya.