Pixel Codejatimnow.com

10 Rekomendasi Lokasi Berburu Durian Jawa Timuran dari Gubernur Khofifah

Editor : Endang Pergiwati  Reporter : Yanuar Dedy
Gubernur Khofifah saat hadir di Festival Durian Sumbersari Blitar. (Instagram @khofifah.ip)
Gubernur Khofifah saat hadir di Festival Durian Sumbersari Blitar. (Instagram @khofifah.ip)

jatimnow.com - Mengisi libur panjang dengan berburu durian Jawa Timuran, sepertinya menjadi hal yang menyenangkan. Terlebih saat ini sebagian besar wilayah tengah memasuki masa panen.

Seperti diketahui, Jawa Timur memiliki populasi durian yang sangat besar, dengan beragam jenis yang berkualitas.

Menurut data BPS Jawa Timur pada tahun 2022, provinsi ini mampu menghasilkan buah durian sebanyak 4.198.489 kwintal. Meningkat hampir dua kali lipat dari tahun sebelumnya, sebanyak 2.753.190 kwintal.

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa pun punya 10 rekomendasi durian lokal enaknya kebangetan, apa saja?

1. Durian Ripto (Trenggalek)

Pertama Durian Ripto asal Trenggalek. Presiden Joko Widodo dalam sebuah kesempatan juga mengakui kelezatan durian ini, yang menurutnya manisnya pas. Nggak bikin eneg.

Durian ini didapat dari kawasan hutan Kali Kuning di Desa Dukuh, Kecamatan Watulimo, Trenggalek. Nama Ripto sendiri diambil dari nama Suripto, warga Desa Dukuh yang lahir pada 1942 dan meninggal pada 16 Januari 2018. Dia merupakan pengelola pohon durian warisan leluhurnya yang sudah 100an tahun.

2. Durian Kanjeng (Ponorogo)

Kedua, ada Durian Kanjeng. Anda bisa mendapatkan durian enak ini di Kampung Durian Ngrogung.

Melansir dari Kampung Durian Ngrogung, nama Kanjeng disematkan sejak masa penjajahan Belanda oleh kepala desa Ngrogung pada saat itu. Pada masa itu, para Kanjeng Bupati Ponorogo secara rutin meminta buah durian dari Ngrogung karena memiliki rasa yang paling enak.

3. Durian Merah (Banyuwangi)

Sesuai namanya, Durian Merah Banyuwangi memiliki daging buah yang berwarna merah bisa dijumpai di Desa Kamiren Banyuwangi, Jawa Timur.

Selain rasanya yang manis, biji durian tergolong kecil dan daging buah yang tebal. Kadar alkohol Durian Merah juga rendah dan aromanya lebih soft.

4. Durian Gencono (Lumajang)

Durian Gencono tumbuh subur di kampung durian lereng Gunung Semeru, Desa Jambe Kumbu, Kecamatan Pasru Jambe, Lumajang. Rasanya manis pahit, dengan daging tebal dan tekstur yang lembut.

5. Durian Bido (Jombang)

Durian Bido merupakan salah satu varietas unggulan khas Wonosalam, Jombang yang sudah cukup terkenal.

Baca juga:
Mendagri Tito Lantik Adhy Karyono Pj Gubernur Jatim Pagi Ini

Nama ini diberikan pada saat durian itu memenangi kontes pada 2004. Bido merupakan Elang Jawa yang kerap hinggap di pohon durian. Pemiliknya adalah Sutopo warga Desa Jarak. Meski sedikig mahal Durian Bido ini menjadi buruan di sana.

6. Durian Sumberasri (Blitar)

Tahun lalu, Gubernur Khofifah hadir dalam Festival Durian Sumbersari, di Blitar. Durian lokal itu menurut Khofifah memiliki daging warna kuning, dengan rasa manis bercampur sedikit ketir.

7. Durian Kembang Senduro (Lumajang)

Gubernur Khofifah menyebut, Durian Kembang Senduro asal Lumajang ini merupakan salah satu durian unggulan di Jawa Timur.

Durian Kembang Senduro yang tepatnya berasal dari Gucialit, Lumajang ini menurut Khofifah punya keunikan tersendiri karena adanya bunga di tengah daging buah.

Soal rasa Khofifah menjamin bahwa Durian Kembang Senduro ini tak kalah legit dari durian-durian lain seperti Wonosalam.

8. Durian Ijo Slumbung (Kediri)

Baca juga:
Kemesraan Ini Mengiringi Apel Terakhir ASN Pemprov Jatim bareng Khofifah-Emil

Salah satu durian khas Kediri adalah Ijo Slumbung. Durian ini memiliki rasa khas dan kelegitan kuat. Daging buah yang tebal dengan biji kecil. Disebut durian ijo karena kulit buah durian ini berwarna hijau kekuningan.

Buah durian khas ini berada di kebun milik Supangat Sunaryo, warga setempat. Konon usianya 180 tahunan dengan tinggi pohonnya mencapai 45 meter.

9. Durian Kawuk (Madiun)

Durian Kawuk Madiun ini pusatnya di Desa Segulung, Kecamatan Dagangan. Desa ini juga dikenal sebagai sentra penghasil durian dengan berbagai varietas durian khas dan premium. Hampir seluruh warga Segulung memiliki tanaman durian.

Durian Kawuk memiliki daging tebal, lembut, tidak banyak serat, serta legit manis rasanya.

10. Durian Organik (Jember)

Ada 30 durian organik di Jember, 2 yang paling terkenal adalah Jambearum dan Raungjambe. Cucu Khofifah Alia juga sangat menyukai the king of fruit dari Jember ini karena rasanya yang tak kalah legit dari durian Jawa Timur lainnya.

Foto: