Pixel Codejatimnow.com

Atap Sekolah di Probolinggo Ambruk Usai Diguyur Hujan Deras

Editor : Yanuar D  Reporter : Haryo Agus
Kondisi MI Islamiyah di Desa Sentul, Gading yang ambruk. (Haryo Agus/jatimnow.com)
Kondisi MI Islamiyah di Desa Sentul, Gading yang ambruk. (Haryo Agus/jatimnow.com)

jatimnow.com - Hujan lebat disertai angin kencang merobohkan atap sebuah sekolah Madrasah Ibtiadaiyah (MI) Islamiyah di Desa Sentul, Gading, Kabupaten Probolinggo, Kamis (7/3/2024).

Atap sekolah yang ambruk itu tepatnya di ruang kelas 2 dengan kondisi yang paling parah. Pantauan jatimnow.com bagian atap, kayu penyangga dan genting semuanya ambrol. Sedangkan ruang kelas 1 dan 3, mengalami kerusakan di bagian atap plafon. Namun, kini kondisinya cukup mengkhawatirkan.

Pengasuh MI Islamiyah, Muhammad Sya'roni mengatakan, peristiwa ambruknya atap kelas itu terjadi pagi tadi, saat siswa mulai berdatangan.

"Kejadiannya pagi tadi sekitar pukul 07.00 WIB. Tetapi kelas dalam kondisi kosong," kata Muhammad Sya'roni.

Lebih lanjut menurut Sya’roni, jika kondisi sekolah itu memang sudah mulai mengkhawatirkan. Sebab, sekolah tersebut terakhir direnovasi sekitar 20 tahun yang lalu, dan berdiri sejak tahun 1953.

Baca juga:
Sederet Nama yang Diusung Golkar Jatim di Pilkada Serentak 2024

"Karena kondisinya sudah mengkhawatirkan, kayu-kayu sudah lapuk. Jadi sejak satu bulan yang lalu sudah tidak kita tempati," tuturnya.

Saat ini, lanjut Sya'roni, siswa kelas 1,2, dan 3 menempati kelas 4, 5, dan 6. Sedangkan siswa kelas 4, 5, dan 6 melakukan kegiatan belajar mengajar di halaman masjid dan rumah di sekitar lingkungan sekolah.

"Sebenarnya kelas 4, 5, dan 6 kondisinya juga mengkhawatirkan. Tetapi insyaallah masih bisa ditempati," ujarnya.

Baca juga:
Melihat Kesiapan Zainal Arifin Maju Pilbup Probolinggo 2024 Jalur Independen

Sya'roni berharap adanya perhatian dari pemerintah terkait, untuk membantu merenovasi sekolah tersebut agar layak dan nyaman untuk kegiatan belajar mengajar.

"Saya berharap ada bantuan dari Kemenag yang terhubung dengan MI ini untuk membantu merenovasi. Agar para siswa bisa belajar dengan tenang dan nyaman," tandasnya.