Pixel Codejatimnow.com

Freeport Indonesia dan PLN Teken Perjanjian Sertifikat Energi Terbarukan

Editor : Zaki Zubaidi  Reporter : Sahlul Fahmi
Penandatanganan perjanjian Renewable Energy Certificates (REC) antara PTFI dengan PLN di Surabaya, Jumat (8/3/2024) oleh Manager PLN UP3 Gresik, Andi Seno Hendriatmoko dan Executive Vice President Corporate Planning & Business Strategy PT Freeport Indones
Penandatanganan perjanjian Renewable Energy Certificates (REC) antara PTFI dengan PLN di Surabaya, Jumat (8/3/2024) oleh Manager PLN UP3 Gresik, Andi Seno Hendriatmoko dan Executive Vice President Corporate Planning & Business Strategy PT Freeport Indones

jatimnow.com - PT Freeport Indonesia bersama PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) menandatangani perjanjian Renewable Energy Certificates (REC) di Surabaya, Jumat (8/3/2024).

"Keseriusan Pemerintah Indonesia mendorong percepatan pencapaian target penurunan emisi karbon menjadi fokus PT Freeport Indonesia (PTFI) untuk mengeksplorasi peluang-peluang inisiatif dekarbonisasi dan energi terbarukan di Indonesia melalui kerjasama jual beli Renewable Energy Certificates dengan PLN," kata Executive Vice President Corporate Planning and Business Strategy PT Freeport Indonesia, Horst-Dieter Garz.

Penandatanganan Perjanjian REC antara PTFI dengan PLN diselenggarakan pada Jumat, 8 Maret 2024 di Hotel JW Mariott Surabaya oleh Manager PLN UP3 Gresik, Andi Seno Hendriatmoko dan Executive Vice President Corporate Planning & Business Strategy PT Freeport Indonesia, Horst-Dieter Garz dan disaksikan oleh GM PLN UID Jawa Timur, Agus Kuswardoyo dan Vice President of Sales and Enterprise Service PLN, Fauzi Aburusman.

"Penandatanganan perjanjian ini menandai komitmen kuat PTFI untuk mengurangi emisi karbon sebesar 30% pada tahun 2030. Pembelian REC dari PLN untuk pasokan energi listrik operasional Smelter PTFI akan memberikan kontribusi yang signifikan untuk memenuhi target tersebut," ucap Garz.

Manager PLN UP3 Gresik, Andi Seno Hendriatmoko mengatakan kolaborasi PLN dan PTFI merupakan langkah penting dalam mencapai tujuan bersama untuk mengurangi emisi karbon dan mempercepat transisi energi bersih di Indonesia.

Baca juga:
Freeport Indonesia Berbagi Bersama Masyarakat Gresik di HUT ke-57

"Terima kasih atas komitmen PT Freeport Indonesia dalam mendukung penggunaan energi terbarukan di Indonesia. Kami berharap kolaborasi ini dapat menjadi contoh bagi perusahaan lain untuk ikut berkontribusi dalam upaya penurunan emisi karbon," ujar Andi.

PTFI melakukan pembelian REC setiap tahun dalam periode 2023-2025 yang akan digunakan sebagai pasokan energi listrik dalam operasional Smelter PTFI yang berada di Kawasan Ekonomi Khusus JIIPE, Kecamatan Manyar, Kabupaten Gresik.

Baca juga:
PLN Sukses Operasikan Tambah Daya Tahap Ketiga PT Freeport Indonesia di Gresik

Untuk diketahui, PTFI sedang melakukan pembangunan smelter yang kedua. PTFI telah menanamkan investasi hingga 3,1 miliar dolar Amerika Serikat atau setara 48 triliun rupiah per akhir Desember 2023. Setelah beroperasi penuh, smelter ini akan mampu mengolah konsentrat tembaga dengan kapasitas produksi 1,7 juta ton dan menghasilkan katoda tembaga hingga
600.000 ton per tahun.

"Kami bangga menjadi bagian dari inisiatif dekarbonisasi dan energi terbarukan di Indonesia, serta berkomitmen untuk terus berkolaborasi dengan PLN. Ini adalah langkah penting dalam memperkuat keberlanjutan lingkungan dan meningkatkan kontribusi kami terhadap pembangunan berkelanjutan di Indonesia," jelas Garz.